Artikel Kesehatan

Makanlah ini Saat Terserang Flu

makanan untuk fluSaat anda terserang flu, selain melawannya dengan obat yang direkomendasikan oleh dokter, cobalah beberapa makanan-makanan di bawah ini, karena menurut penelitian, makanan-makanan ini juga baik dalam melawan penyakit seperti flu. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari webmd.com.

Beberapa Makanan Pelawan Flu

Es lilin

Sebuah es loli atau es lilin dingin bisa menenangkan tenggorokan yang terasa nyeri, bengkak ataupun kering. Hal ini juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi, yang merupakan kunci ketika anda berjuang melawan flu. Mendapatkan cairan yang cukup dapat menjaga lendir tipis dan membantu mengurangi penyumbatan di hidung.

Carilah es lilin yang terbuat dari 100% jus buah untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi penting dan bukan air gula. Beberapa rasa yang bisa anda coba: apel, anggur, atau strawberry.

Sandwich Kalkun

Kalkun adalah sumber protein yang bagus dan tidak berlemak, penting untuk kebutuhan nutrisi. Cobalah makan sandwich kalkun karena dapat memberikan energi tubuh dalam melawan penyakit.

Jus Sayuran

Segelas jus sayuran dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Tidak suka jus sayuran? Cobalah jus buah murni tanpa campuran apa-apa..

Sup Ayam

Selain Bergizi, ada juga beberapa bukti ilmiah bahwa sup ayam dapat membantu penyembuhan dan mempunyai efek anti-inflamasi ringan. Penelitian telah menemukan bahwa sup ayam panas bisa meningkatkan kemampuan silia, bagian seperti rambut kecil pada bagian hidung, untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masak, bawang putih bisa menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan, karena bawang putih memiliki sifat antimikroba dan merangsang kekebalan tubuh serta dapat memberikan bantuan terhadap penyumbatan di hidung.

Jahe

Sakit perut? Mual? Jahe adalah obat rumah sering digunakan untuk menenangkan gejala ini. Beberapa studi menunjukkan jahe juga dapat membantu melawan peradangan. Coba tambahkan jahe sebagai bumbu makanan anda, atau bisa juga dengan meminum air jahe.

Teh hangat

Secangkir teh hangat bisa membantu dalam melawan penyakit. Dan menghirup uapnya juga berguna untuk mengurangi penyumbatan di hidung. Tambahkan satu sendok makan madu dan perasan lemon untuk membantu menenangkan sakit tenggorokan. Jika kafein mengganggu anda, pilihlah teh herbal.

Pisang

Pisang merupakan sumber energi yang besar dan baik bagi tubuh. Pisang menjadi makanan yang baik ketika anda diserang berbagai gejala seperti mual, muntah, dan diare yang sering terjadi pada anak-anak yang sering terserang flu. Dokter juga menganjurkan orang yang telah pulih dari flu untuk mengonsumsi pisang terlebih dahulu sebelum siap beralih ke makanan padat.

Roti Bakar

Cobalah makan roti bakar atau biskuit. Makanan tersebut bisa menjadi makanan yang baik ketika anda sedang terserang penyakit. Roti bakar bisa juga menjadi pendamping yang baik dengan sup ayam dan merupakan pilihan bijaksana ketika perut anda tidak dalam kondisi yang dapat menampung banyak makanan.

Minuman bebas laktosa

Jika selera anda telah kembali, cobalah memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori dengan tepat. Konsumsi minuman bebas laktosa dengan setidaknya mengandung 6 gram protein dan rendah gula. Rasa seperti stroberi dan coklat bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin, nutrisi, dan kalori dengan tepat.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat anda terserang penyakit flu. Semoga bermanfaat.

 

Tanggal Publikasi April 4, 2012
Label