Artikel Kesehatan

Makanan Tidak Sehat Ibu Hamil Membuat Anak Menjadi Pecandu Junk Food

Ibu hamil yang gemar mengonsumsi makanan-makanan berlemak, mengandung banyak garam, dan minuman kaya akan gula memiliki risiko mempunyai anak yang cenderung menjadi pecandu junk food (makanan nirnutrisi), sebuah penelitian baru menemukan.

Efek Buruk Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat  Selama Kehamilan

ibu hamil dan junk foodPara ilmuwan dari University of Adelaide di Australia mengatakan bahwa penelitiannya terhadap tikus menunjukkan suatu temuan jika ibu hamil yang terus menerus mengonsumsi makanan yang tidak sehat akan menyebabkan kemungkinan adanya perubahan perkembangan terukur pada otak anak-anak mereka yang belum lahir untuk memiliki kecenderungan mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti junk food ketika mereka beranjak dewasa.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal FASEB ini menemukan bahwa otak anak-anak tersebut menjadi kurang sensitif terhadap bahan kimia alami yang dilepaskan ketika makanan-makanan tinggi lemak dikonsumsi, sehingga membuat mereka makan lebih banyak agar merasa puas.

“Hasil penelitian ini pada akhirnya akan memungkinkan kita untuk lebih menginformasikan ibu hamil tentang efek jangka panjang makanan yang mereka konsumsi di mana memiliki risiko terhadap perkembangan preferensi anak seumur hidupnya dan risiko penyakit metabolik”, ujar Beverly Muhlhausler, salah satu seorang peneliti. “Mudah-mudahan hal ini akan mendorong para ibu untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan yang sehat sehingga akan berdampak positif bagi kesehatan anak-anak.

Untuk mencapai kesimpulan mereka, para peneliti meneliti dua kelompok tikus, salah satunya diberi makanan normal, sedangkan kelompok satunya diberi makanan nirnutrisi (junk food) selama kehamilan dan menyusui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak anak tikus dari ibu yang makan junk food kurang sensitif terhadap perubahan zat kimia akibat tingginya kandungan lemak makanan manis dibandingkan anak tikus lainnya.

Gerald Weissmann, MD, editor Journal FASEB, mengatakan jika temuan dari studi menunjukkan bahwa “kecanduan junk food adalah kecanduan yang nyata”, sama seperti kecanduan narkoba. “Sedih untuk mengatakan bahwa wanita hamil yang gemar mengonsumsi junk food selama kehamilan mempunyai risiko untuk memiliki anak yang menjadi pecandu junk food”, ujarnya.

Artikel Kesehatan | Newsmaxhealth.com | Photo : ecofriend.com

Tanggal Publikasi March 3, 2013
Label