Artikel Kesehatan

Makanan-Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat

makanan berminyakMakanan yang anda makan memungkinkan menjadi penyebab timbulnya jerawat. Ya, selain faktor hormon, stres, dan kebersihan, makanan juga merupakan faktor penting dari timbulnya jerawat terutama makanan-makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan makanan tinggi karbohidrat.

Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat bisa hadir di wajah, leher, bahu, dada, dan punggung. Bagi anda terutama usia remaja yang ingin menghindari jerawat, maka kurangi atau jauhi makanan-makanan penyebab timbulnya jerawat berikut ini :

Makanan yang digoreng

Jenis minyak yang dikonsumsi juga beresiko pada kesehatan kulit. Bila anda sering mengonsumsi makanan yang digoreng dengan lemak minyak tidak sehat, maka tubuh akan ‘terpaksa’ membentuk sel kulit baru yang tidak akan berfungsi dengan baik. Akibatnya bisa menimbulkan jerawat atau penyakit kulit lainnya. Donat, kentang goreng, ayam goreng adalah makanan-makanan gorengan yang berpotensi menimbulkan jerawat di tubuh anda.

Makanan tinggi gula

Gula bisa mengganggu penyerapan magnesium dan kalsium. Keduanya adalah mineral penting bagi kulit. Gula juga mengakibatkan hilangnya elastisitas jaringan dan fungsi.

Sebagai informasi juga, gula secara tidak langsung dapat memberikan dampak pada penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri dan hal ini adalah salah satu penyebab jerawat. Oleh sebab itu kurangi makanan-makanan yang tinggi gula seperti permen, soda, es krim, biskuit, sereal, dan coklat.

Makanan tinggi karbohidrat

Memang kita tahu bahwa karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika kita terlalu berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat melebihi dari yang tubuh butuhkan, maka hal itu akan berdampak buruk pada kesehatan anda seperti diabetes dan jerawat. Bijaklah dalam mengonsumsi makanan-makanan tinggi karbohidrat seperti pada beras putih, pasta, dan juga roti putih.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda kurangi atau jauhi jika anda tetap ingin menghindari jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tanggal Publikasi April 1, 2012
Label