Artikel Kesehatan

Makanan-Makanan Pemicu dan Pereda Stres

Chicken NuggetBagi banyak orang, makanan yang bernutrisi merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan fisik. Sebenarnya makanan bernutrisi juga dapat mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang.

Selama ini, banyak orang menganggap bahwa stres diakibatkan oleh adanya masalah dalam pekerjaan atau hidup. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa beberapa nutrisi pada makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.

Makanan yang memiliki kadar garam dan lemak yang tinggi dapat memicu produksi hormon kortisol. Hormon kortisol ini menghambat kerja serotonin yang berfungsi sebagai penenang dan pengontrol rasa gelisah, sehingga dapat dikatakan kerja serotonin dapat mempengaruhi suasana hati.

Selain menghambat kerja serotonin, hormon kortisol memiliki efek terhadap pelepasan hormon neuropeptide Y dan galanin, yang dapat mengakibatkan orang ingin mengonsumsi makanan manis dan berlemak, sehingga orang akan memiliki rasa bad mood.

Makanan yang bisa Memicu Stres

Beberapa makanan yang dapat memicu stres, dimana makanan ini mengandung kadar garam dan lemak yang tinggi antara lain:

  1. Makanan siap saji, seperti nugget, bakso, sosis.
  2. Makanan kaleng olahan.
  3. Makanan mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti atau mie.
  4. Makanan mengandung lemak trans.

Selain makanan, ada beberapa minuman yang juga menyebabkan stres yaitu: minuman beralkohol, minuman berkafein tinggi seperti kopi.  Diharapkan orang yang terbiasa minum minuman tersebut dapat menghindarinya, karena dapat menyebabkan stres.

Makanan yang bisa Meredakan Stres

Jika ada makanan yang menyebabkan stres, ada pula makanan yang dapat membantu meredakan stres. Makanan jenis ini adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  1. Vitamin B, terdapat pada alpukat, pisang, ikan tuna, ikan salmon, ikan sardin, susu dan yoghurt.
  2. Asam folat, terdapat pada oatmeal, jeruk atau asparagus.
  3. Magnesium, terdapat pada sayur bayam, tofu dan kacang almond. Makanan tersebut dapat membantu tubuh memproduksi dopamin, yang dapat membantu anda tidur nyenyak.
  4. Vitamin C, terdapat pada buah-buahan seperti kiwi, stroberi atau jeruk.

Kombinasi dari makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat dapat membuat stabil gula darah, dan menghindarkan seseorang untuk makan camilan, sehingga manfaatnya akan lebih terasa. Terlebih jika minuman yang diminum adalah air putih dan teh, hal tersebut akan lebih memiliki banyak manfaat, karena minuman tersebut juga dapat meredakan stres.

Dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi hendaknya harus cerdas, terlebih apabila makanan yang anda pilih tersebut tidak berpengaruh pada emosi anda, sehingga tidak dapat memicu stres. Dengan ketenangan pikiran, maka dapat berpengaruh baik bagi kesehatan psikologis anda.

Artikel Kesehatan | Kumpulan.info | image : inghams.com.au

Tanggal Publikasi November 30, 2012
Label