Artikel Kesehatan

Makanan Berkalium Dapat Mencegah Osteoporosis

Makanan tinggi kalium cegah osteoporosisDaripada mengonsumsi obat-obatan yang kemungkinan memiliki efek samping, masih ada beberapa alternatif aman untuk menjaga tulang tetap kuat dan mencegah osteoporosis. Pastikan anda mengonsumsi suplemen dan / atau makanan yang mengandung kalium sitrat, vitamin D, dan kalsium.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Reto Krapf dari University of Basel melakukan sebuah studi plasebo terkontrol secara acak dari 201 pria dan wanita berusia lebih dari 65 tahun. Para ilmuwan ingin menilai apakah kalium sitrat memiliki efek pada tulang.

Subyek penelitian menerima suplemen kalium sitrat atau plasebo, suplemen kalsium, dan suplemen vitamin D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menerima kalium sitrat, kalsium, dan vitamin D secara signifikan memiliki tulang yang kuat dengan kepadatan mineral yang lebih baik. Selain itu, kerangka di beberapa daerah juga menjadi kuat termasuk tulang belakang lumbar.

Pengaruh kalium sitrat bagi tulang

Dalam penelitian baru yang terbit pada jurnal Clinical Endocrinology & metabolism, Krapf dan rekan-rekannya menyimpulkan bahwa kejadian patah tulang di masa depan akan bisa dikurangi dengan mengonsumsi kalium sitrat. “Kalium sitrat yang diimbangi dengan suplemen vitamin D dan kalsium merupakan alternatif yang murah, sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan mikro-arsitektur tulang pada orang tua yang sehat dengan massa tulang normal”, ujar para peneliti.

Dr Gerhard Gerstner, manajer pengembangan bisnis untuk kesehatan dan gizi di Jungbunzlauer, Swiss, perusahaan yang memberikan suplemen kalium sitrat pada studi ini, mencatat bahwa ketika para dokter telah lama mengetahui jika kalium mempunyai peran penting terhadap tekanan darah, penelitian baru ini menunjukkan bahwa kalium dalam bentuk sitrat juga bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Gerstner menambahkan banyak buah-buahan dan sayuran secara alami memiliki kadar mineral sitrat tinggi (termasuk kalium sitrat). Makanan mentah umumnya kaya akan kalium sitrat. Anda bisa memenuhi kebutuhan kalium dengan mengonsumi berbagai buah-buahan seperti pisang, jeruk, aprikot, melon, dan tomat.

Studi lain baru-baru ini dan diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research oleh para peneliti di Johns Hopkins University, juga menyimpulkan bahwa kalium sitrat memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan tulang. Temuan mereka menunjukkan bahwa kalium sitrat muncul untuk menetralkan kelebihan asam dalam tubuh dan meningkatkan keseimbangan kalsium.

Artikel Kesehatan | NaturalNews | foto : Buzzle.com

Tanggal Publikasi January 4, 2013
Label