Artikel Kesehatan

Lada Hitam si Pelawan Lemak

manfaat lada hitamBahan yang sama pada lada hitam, yang biasanya membuat anda bersin ternyata dapat membantu menjaga tubuh anda tetap langsing.

Manfaat Lada Hitam Dalam Melawan Lemak

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa komponen tajam dalam lada hitam yang dikenal sebagai piperin mampu memerangi lemak dengan menghalangi pembentukan sel-sel lemak baru.

Peneliti mengatakan bahwa lada hitam mungkin dapat menawarkan alternatif alami untuk pengobatan yang terkait dengan masalah lemak seperti obesitas.

“Temuan kami menunjukkan bahwa piperin, komponen utama dari lada hitam, menghalangi diferensiasi sel lemak, sehingga hal ini mengarah pada manfaat penggunaannya untuk pengobatan yang terkait dengan gangguan obesitas,” tulis peneliti Ui-Hyun Park dari Sejong University di Seoul, Korea, dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry seperti yang dikutip dari WebMd.com

Para peneliti mengatakan bahwa manfaat lada hitam dan tanaman lada hitam telah dikenal selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional orang Timur, dimana lada hitam digunakan untuk mengobati kolera, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Meski begitu, hanya sedikit yang diketahui tentang bagaimana lada hitam bekerja dalam aliran darah manusia.

Dalam penelitian mereka, para peneliti melihat efek dari piperin pada tanda gen di dalam jaringan lemak di laboratorium dan dalam model komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa piperin dapat mengganggu aktivitas gen yang bertanggung jawab untuk membentuk sel-sel lemak baru.

Para peneliti mengatakan manfaat yang ada pada lada hitam ini membuat sebuah reaksi berantai yang membantu menjaga pembentukan lemak. “Secara keseluruhan, hasil kami menunjukkan bahwa piperin bisa menjadi senyawa alami sebagai pengobatan penyakit yang berhubungan dengan lemak,” tulis para peneliti.

Tanggal Publikasi September 2, 2012
Label