Artikel Kesehatan

Kelebihan Vitamin C dan Vitamin E Dapat Memicu Gangguan Mata

Segala sesuatu yang bermanfaat namun diterapkan secara berlebihan adalah hal yang tidak baik dan akan menimbulkan efek sebaliknya. Begitu juga halnya dengan vitamin. Vitamin memang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, justru bisa jadi akan mengganggu kesehatan tubuh. Salah satu organ tubuh yang akan terganggu kesehatannya bila mengonsumsi vitamin secara berlebihan adalah mata. Temuan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Karonlinska Institute, Stockholm.

Kelebihan Vitamin E Dapat Memicu Katarak?

kelebihan vitamin c dan vitamin ePara peneliti mengatakan bahwa kadar vitamin E yang berlebihan dapat memicu risiko terjadinya katarak sebanyak 60 persen. Sedangkan kelebihan vitamin C diketahui juga dapat meningkatkan risiko kebutaan pada mata sebanyak 20 persen.

Temuan ini berdasarkan penelitian yang melibatkan kurang lebih 31 ribu orang berusia antara 45 hingga 79 tahun. Dari penelitian tersebut, diketahui sebanyak 3 ribu orang partisipan memerlukan perawatan khusus pada mata.

Menurut para peneliti, suplemen vitamin E dan vitamin C sebelumnya diduga dapat melindungi mata dari kebutaan dan katarak, karena kedua vitamin tersebut kaya akan antioksidan. Namun jika pengonsumsiannya berlebihan, ternyata keseimbangan protein pada mata dapat terganggu dan malah rentan terhadap penyakit.

Menurut para peneliti, tubuh manusia tidak mampu menyimpan atau memproduksi vitamin C. Sumber vitamin ini berasal dari buah-buahan dan sayuran sebanyak 40 miligram sehari. Manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan sel dan mempercepat penyembuhan. Mereka juga mengatakan bahwa pemilihan vitamin dalam buah atau sayur adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsilah vitamin sesuai saran harian para ahli

Apabila anda ingin mengonsumsi vitamin dalam bentuk tablet atau suplemen, peneliti memberikan saran untuk tidak mengonsumsinya lebih dari yang dianjurkan oleh para ahli. Hal ini bertujuan untuk menghindari kelebihan vitamin dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Artikel Kesehatan | MetroTVnews | Photo : freepressjournal.in

Tanggal Publikasi February 28, 2013
Label