Artikel Kesehatan

Jus Semangka Bantu Redakan Nyeri Otot Sehabis Berolahraga

Jus semangka tidak hanya menyegarkan namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa minum jus semangka sehabis berolahraga bisa meredakan nyeri pada otot. Hal ini dikarenakan jus semangka mengandung asam amino L-citulline yang bisa mempercepat pemulihan otot dan bahkan juga bisa meningkatkan kerja otot.

Jus Semangka Dinilai Efektif Meredakan Nyeri Otot Pasca-Olahraga

manfaat jus semangka dan nyeri ototBagi kalangan olahragawan, jus semangka bukan hal yang asing lagi dan menjadi salah satu minuman populer untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Dan penelitian baru ini membuktikan secara lebih klinis mengapa sebaiknya jus semangka dikonsumsi sehabis berolahraga. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Agricultural and Food Chemistry.

Jus semangka telah lama diketahui mempunyai sifat antioksidan dan memiliki potensi untuk meningkatkan protein otot serta meningkatkan kinerja seorang atletik. Namun penelitian baru ini menemukan jika jus semangka mengandung L-citrulline yang tinggi. Penelitian ini dilakukan di Technical University of Cartagena, Spanyol.

Tim peneliti yang diketuai oleh Encarna Aguayo melakukan uji coba terhadap jus semangka alami, jus semangka yang telah ditambahkan L-citrulline, dan sebuah minuman kendali yang tidak mengandung L-citrulline. Minuman-minuman tersebut disuguhkan kepada para partisipan satu jam setelah mereka berolahraga. Hasil temuan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa baik jus semangka alami dan jus semangka yang ditambahkan L-citrulline bisa meringankan nyeri otot yang mereka rasakan sehabis berolahraga.

Walaupun demikian, jus semangka alami lebih untuk dikonsumsi dibandingkan dengan jus semangka yang diperkaya oleh L-citrulline. Selain kandungan L-citrullinenya, jus semangka juga memiliki kandungan zat kimia alami yang mampu melakukan proses peluruhan asam laktat dengan lebih cepat. Sebagai tambahan informasi, asam laktat adalah senyawa kimia yang menimbulkan rasa terbakar pada otot, sehingga membuat tubuh terasa nyeri.

Hal ini tentunya berita bagus bagi anda yang rutin berolahraga. Jika anda sering mengonsumsi minuman berenergi setelah berolahraga, cobalah ganti minuman tersebut dengan mengonsumsi jus semangka murni.  Selain dapat menjaga tubuh anda tetap sehat dan bugar, jus semangka juga bisa meredakan nyeri otot yang kerap terjadi setelah berolahraga. Semoga bermanfaat.


Artikel Kesehatan | Via Tempo.co | image : hwalls.com 

Tanggal Publikasi August 16, 2013
Label