Artikel Kesehatan

Ingin Diet Tinggi Protein? Coba Konsumsi ini..

makanan tinggi proteinSebagian orang ingin menurunkan berat badannya dengan cara melakukan diet tinggi protein. Diet tinggi protein juga dinilai baik untuk membentuk tubuh lebih ideal.

Dari istilahnya saja, diet tinggi protein mengacu pada penerapan pola makan secara khusus, yakni cenderung mengonsumsi makanan-makanan berprotein tinggi. Namun demikian, orang-orang yang menerapkan diet ini harus jeli dalam memilih menu makanan yang akan disantapnya. Mereka juga tidak bisa sembarangan untuk memulai dan melakukan diet ini.

Dibutuhkan disiplin yang ketat sekaligus pemilihan makanan yang tepat agar hasilnya maksimal tanpa mempengaruhi kesehatan tubuh.

Menu diet tinggi protein yang disarankan

Berikut ini ada beberapa menu ideal makanan-makanan berprotein tinggi yang disarankan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.com, diantaranya adalah :

Daging merah
Daging merah seperti sapi bisa menjadi pilihan menu diet ini, namun pilihlah daging yang rendah lemak seperti daging has dalam, di mana kadar lemak tak jenuhnya jauh lebih sedikit. Anda juga disarankan untuk menghindari daging olahan.

Daging putih
Daging putih seperti ayam atau unggas mempunyai kadar lemak lebih sedikit dibandingkan daging merah. Maka daging ini ideal untuk dilibatkan dalam program diet tinggi protein yang anda lakukan. Namun penting untuk diingat bahwa kulit dari daging putih mengandung lemak jenih, jadi sebaiknya hindari mengonsumsi kulitnya.

Ikan
Tidak hanya tinggi protein, ikan mempunyai kadar lemak yang rendah. Walaupun sebagian ikan seperti tuna atau salmon mempunyai kadar lemak yang tinggi, akan tetapi lemak yang dimaksud adalah asam lemak omega-3 yang justru bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Telur
Walaupun mengandung kolesterol, namun mengonsumsi sebutir telur per hari masih cukup aman untuk orang dewasa. Jika mau, anda bisa mengonsumsi putih telurnya saja karena mengandung protein yang sangat tinggi daripada kuning telur yang mengandung kolesterol.

Kedelai
Tempe dan tahu adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Makanan-makanan berbahan dasar kedelai bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan. Memasukkan tempe dan tahu ke dalam daftar menu makanan harian anda merupakan pilihan yang tepat.

Kacang-kacangan
Mengonsumsi 1 1/2 cangkir kacang-kacangan per hari setara dengan 3 gram protein yang ada pada steak. Kacang-kacangan membantu anda untuk merasa kenyang lebih lama serta membantu menurunkan kadar kolesterol.

Produk susu
Susu dan produk-produk susu lainnya seperti yogurt dan keju mengandung protein yang tinggi. Selain itu, makanan-minuman tersebut juga kaya akan kalsium yang sangat baik bagi jantung dan tulang. Namun demikian, pastikan memilih produk susu yang rendah lemak dan rendah kalori agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

image : jessicasrecipebag.co.uk

Tanggal Publikasi December 23, 2013
Label