Artikel Kesehatan

Hujan Datang, Saatnya Minuman Jahe Beraksi

Manfaat Minuman Jahe saat hujanJahe telah lama dikenal sebagai tanaman rimpang yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Rasa pedas dan hangat serta aroma uniknya merupakan ciri khas dari jahe.

Banyak orang yang memanfaatkan jahe sebagai bumbu masakan, obat-obatan, hingga minuman. Berbicara masalah minuman, rasanya tepat sekali jika jahe dijadikan olahan minuman untuk dikonsumsi di musim hujan seperti ini. Hujan yang datang hampir setiap hari juga dapat mempengaruhi kesehatan terutama sistem kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, minuman jahe rasanya sangat cocok sebagai teman anda dikala hujan turun. Hawa dingin yang ditimbulkan saat hujan bisa diatasi dengan minuman jahe hangat. Tidak hanya memberikan efek menghangatkan, minuman jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Apa saja itu?

Manfaat minuman jahe

  1. Anti oksidan yang terdapat pada jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan mengomsumsi minuman jahe hangat saat musim hujan, membantu anda terhindar dari serangan flu.
  2. Timbunan lemak yang menyumbat arteri, membuat seseorang dapat terkena stroke. Minuman jahe dapat membantu mencegah potensi risiko stroke dan menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan seseorang terkena risiko serangan jantung.
  3. Minuman jahe terkenal dengan aromanya, yang ternyata dapat membuat suasana hati menjadi positif dan menenangkan.
  4. Minuman jahe juga bermanfaat dalam mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan.
  5. Minuman jahe juga dapat meredakan iritasi, alergi, dan bersin saat flu.
  6. Dengan mengonsumsi minuman jahe, badan akan terasa lebih hangat, aliran darah meningkat, demam dan keringat berlebihan bisa mereda.
  7. Pada jahe terdapat enzim protease dan lipase, yang dapat membantu menyerap dan mencerna makanan.
  8. Kadar asam lambung dapat diturunkan dengan mengomsumsi minuman jahe. senyawa aseton dan methanol pada jahe dapat melindungi sistem pencernaan pada tubuh dengan menghambat iritasi pada saluran pencernaan.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya anda mengonsumsi minuman jahe terutama saat hujan tiba. Untuk membuat minuman jahe, anda bisa membuatnya sendiri dari jahe segar atau juga bisa menggunakan bubuk jahe siap saji. Jika anda tidak terlalu suka minuman jahe murni, pertimbangkan untuk membeli sekoteng, bandrek, atau wedang jahe / wedang ronde agar mendapatkan sensasi yang berbeda. Selamat mencoba…

Artikel Kesehatan | Media Indonesia | foto : gingerplus.info

Tanggal Publikasi January 5, 2013
Label