Artikel Kesehatan

Empat Herbal Yang Dapat Mengontrol Berat Badan

herbal | obat herbalMempunyai tubuh ramping dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Berat badan dan nutrisi yang seimbang meminimalisir datangnya penyakit di tubuh kita. Untuk mencapai hal tersebut, pola makan yang seimbang serta olahraga teratur merupakan cara terbaik.

Selain menjaga pola makan dan olahraga, mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan herbal juga dapat memberikan efek positif dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya mampu mengontrol berat badan agar seimbang serta membantu menurunkan nafsu makan

Beberapa Herbal Pengontrol Berat Badan

Ulasan ini dikutip dari okezone dan disampaikan Dr. Abdul Mun’in MSi apt, ahli herbal Departemen Farmasi FMIPA UI.

Teh Hijau

Menurut penelitian di Swiss, Zat kimia alami tertentu yang terdapat pada teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak. Zat ini disebut Catechin yang juga dapat merangsang thermogenesis yakni proses pembakaran kalori akibat metabolisme dan pencernaan makanan.

Jati Belanda

Guazuma ulmifolia atau Jati belanda adalah salah satu tanaman obat dan sudah umum dibuat dalam bentuk teh dan jamu pelangsing tubuh.

Rosela

Rosela sudah mampu menurunkan kadar LDL-kolestrol dan trigliserida dalam darah. Sebuah penelitian dari Universidad Complutense de Madrid, Spanyol, 33,9 persen serat larut yang terdapat pada Rosela membantu mengurangi lemak. Walaupun demikian perlu diwaspadai bagi penderita maag dikarenakan kadar pH atau keasamaan seduhan rosela sekitar 3,14 yang memungkinkan memiliki efek negatif.

Daun Kemuning

Air rebusan daun kemuning mempunyai manfaat dalam meluruhkan lemak di tubuh. Pohon kemuning biasanya dapat ditemukan sebagai tanaman hias.


Beberapa bahan herbal diatas bisa anda coba dalam mengontrol berat badan anda. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tanggal Publikasi March 14, 2012
Label