Artikel Kesehatan

Dapatkan Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Kardio

latihan olahraga kardioSudah banyak artikel yang membahas mengenai latihan kardio. Latihan kardio memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Kardio adalah singkatan kata dari kardiovaskular.

Jika diartikan dari kamus bahasa, ‘kardiovaskular’ mempunyai makna segala sesuatu yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung. Jadi, latihan kardio adalah latihan yang bertujuan untuk memperlancar aliran darah dan meningkatkan detak jantung.

Latihan ini akan melibatkan gerakan otot-otot besar hingga membuatnya kuat. Sebagai informasi, jantung juga mempunyai sekumpulan otot yang membantunya untuk bekerja. Ada beberapa olahraga kardio yang bisa anda coba, diantaranya renang, bersepeda, hiking, aerobik, lari, dan jalan kaki.

Manfaat utama yang diperoleh dari latihan kardio adalah melancarkan aliran darah dan memperkuat jantung. Saat berlatih, jantung akan berdetak lebih cepat, begitu pula otot-ototnya yang juga bergerak dengan lebih cepat. Apabila latihan ini dilakukan secara rutin, jantung akan menjadi lebih kuat. Jika jantung sudah berdetak dengan lebih cepat, secara otomatis aliran darah juga jadi lebih cepat. Pada akhirnya risiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti stroke atau penyakit jantung akibat penyumbatan pembuluh darah jadi kian kecil alias berkurang.

Beberapa Organ Tubuh Yang Mendapatkan Manfaat Dari Olahraga Kardio

Selain pembuluh darah dan jantung, latihan kardio juga memberikan manfaat bagi organ-organ tubuh yang lain, diantaranya adalah :

Otak

Penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Academy of Neurology menunjukkan bahwa orang yang melakukan latihan kardio dengan level tinggi diketahui mampu mengerjakan tugas-tugas kognitif 25% lebih baik dibandingkan dengan orang yang kurang berolahraga.

Pada penelitian lain tahun 2013 yang diterbitkan di Journal of Strength and Conditioning Research menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga ala militer (termasuk kardio di dalamnya) diketahui bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Penjelasan dibalik temuan tersebut adalah latihan kardio dapat membantu meningkatkan suplai darah ke otak, sehingga meningkat juga kemampuannya.

Paru-paru

Paru-paru bekerja dengan cara mengatur oksigen dan karbondioksida ‘ke’ dan ‘dari’ dalam darah. Menurut Jeremy Barnes, seorang profesor manajemen kesehatan, olahraga kardio dapat meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan oksigen secara lebih efisien, khususnya mempercepat laju darah segar yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga kardio dapat membantu paru-paru bekerja dalam membuang karbondioksida dari sel-sel tubuh secara lebih optimal.

Kulit

Profesor Ellen Marmur, MD, dokter spesialis kulit dari Mt. Sinai School of Medicine mengatakan bahwa apapun yang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dapat membuat kulit jadi lebih bercahaya dan sehat. Seperti yang ditulis sebelumnya, latihan kardio dapat membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, dan ini juga termasuk kulit.

Dengan demikian, kulit akan ternutrisi dengan baik dan memperoleh asupan oksigen yang cukup. Di sisi lain, darah juga ikut membantu mengusir racun, radikal bebas, dan kotoran dari sel-sel kulit. Hal ini pada akhirnya membuat jadi lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Perut

Olahraga kardio dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya, hampir semua jenis olahraga bisa membantu menurunkan berat badan. Prinsipnya adalah apabila kalori yang digunakan lebih banyak dari yang diasup, maka berat badanpun akan turun.

Olahraga kardio juga bagus untuk mengecilkan perut dan menjaganya tetap ideal. Sebagai informasi, area perut sering dikaitkan dengan tinggi-rendahnya risiko diabetes tipe 2. Kardio merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa anda pilih. Selain membakar kalori, olahraga kardio juga membantu anda melatih jantung dan paru-paru.

via Kompas Health | photo : maikwiedenbach.com

Tanggal Publikasi August 30, 2015
Label