Artikel Kesehatan

Buah-Buahan Mampu Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

buah dan kardiovaskularMengkonsumsi sebuah apel sehari dapat membantu menjaga diri dari penyakit kardiovaskular. Bahkan, sebuah penelitian selama tujuh tahun dari China menunjukkan bahwa kita bisa memotong risiko penyakit kardiovaskular hingga 40% dengan makan sepotong buah setiap harinya.

Penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung iskemik adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Dibandingkan dengan Amerika Serikat di mana penyakit jantung iskemik adalah penyebab utama kematian kardiovaskular, stroke adalah penyebab utama kematian kardiovaskular di China.

Manfaat buah terkait pencegahan penyakit kardiovaskular

Studi tujuh tahun menganalisa setengah juta peserta di China Kadoorie Biobank yang tidak memiliki riwayat kardiovaskular. Selama 7 tahun penelitian, ditemukan bahwa 18% dari peserta makan buah setiap hari, sementara 6,3% tidak pernah makan buah (bagian rata-rata per hari adalah 1,5 atau 150 grams). Dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi buah, secara signifikan, orang yang makan buah setiap hari memiliki tekanan darah lebih rendah dan penurunan risiko Kardiovaskular sebesar 25-40%.

Dalam analisis yang terpisah, tim menemukan bahwa mereka yang makan buah setiap hari dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi buah diketahui pengalami penurunan risiko kematian secara keseluruhan sebesar 32%.

Dr Huaidong Du dari Oxford, UK menjelaskan, “Data kami dengan jelas menunjukkan bahwa makan buah segar dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung iskemik dan stroke (stroke hemoragik khususnya).

Dan tidak hanya itu, semakin banyak buah yang anda makan semakin turun pula risiko penyakit kardiovaskular. Itu menunjukkan bahwa makan lebih banyak buah sangat bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan kurang makan buah atau tidak makan sama sekali.”

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Seiring dengan mengurangi asupan jumlah lemak terhidrogenasi dan gula serta meningkatkan konsumsi asam lemak omega-3, buah juga sangat berperan dalam membantu mencegah kardiovaskular.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009 ditemukan bahwa makan 2-3 buah kiwi sehari secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol ‘jahat’) sambil menaikkan kadar HDL (kolesterol ‘baik’). Para peneliti percaya hal ini disebabkan oleh konsentrasi antioksidan yang sangat tinggi.

Demikian juga, ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association, bahwa pria yang melewatkan sarapan dan  makan makanan besar di malam hari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit arteri koroner. Hal ini diduga akibat beberapa efek metabolik yang merugikan.

Kesimpulan

Tampaknya buah dapat menjadi cara alami yang sehat dan mudah untuk membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tim dari studi Cina Kadoorie Biobank mengatakan, “Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa buahsangat bermanfaat bagi individu sehat secara umum serta pada pasien dengan penyakit kardiovaskular dan hipertensi. Konsumsi buah adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan tidak boleh hanya dianggap sebagai “mungkin berguna”.

via Naturalnews | image : modvive.com

Tanggal Publikasi September 17, 2014
Label