Artikel Kesehatan

Beberapa Alasan Mengapa Selai Kacang Baik Untuk Dikonsumsi

Sebelum memulai aktivitas rutin di pagi hari, sempatkanlah sarapan terlebih dahulu. Jika anda atau keluarga tidak sempat memasak, sepotong roti yang diolesi dengan selai kacang pun dinilai sudah cukup untuk memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Berbicara tentang selai kacang, selain sehat dan bernutrisi, selai kacang juga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan.

Selai Kacang Mengandung Segudang Nutrisi

manfaat selai kacangSelai kacang baik untuk dikonsumsi karena menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selai kacang mengandung serat dan protein. Hal ini membuat perut anda terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah anda untuk makan atau ngemil sebelum jam makan siang tiba.

Selai kacang datang dengan berbagai nutrisi. Seporsi selai kacang mengandung 3 mg antioksidan hebat vitamin E, 49 mg magnesium (dapat memperkuat tulang), 208 mg kalium (baik untuk otot), dan 0,17 mg vitamin B6 (dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang dapat mengurangi risiko penyakit diabetes, jantung, dan penyakit kronis lainnya. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan jika mengkonsumsi satu ons kacang atau dua sendok makan selai kacang sebanyak lima kali dalam seminggu, diketahui dapat menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 30 persen.

Selai kacang juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Para peneliti mengatakan bahwa orang dewasa yang resisten terhadap insulin, dan kemudian mereka mengkonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal, diketahui mempunyai lemak perut yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan lemak jenuh.

Kacang mengandung konsentrasi tinggi antioksidan polifenol yang dapat mengurangi risiko kanker perut dengan cara mengurangi pembentukan nitrosamin karsinogenik. Kacang juga merupakan sumber utama dari resveratol, sebuah antioksidan yang mempunyai fungsi perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, penyakit saraf degeneratif, penyakit Alzheimer, dan infeksi virus/jamur.

Itulah beberapa manfaat selai kacang, di mana anda bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan roti ketika sarapan. Sarapan anda akan lebih berkualitas lagi jika roti yang dikonsumsi adalah roti gandum. Kombinasi roti gandum dan selai kacang akan membuat tubuh anda lebih berenergi ketika menjalani aktivitas rutin, baik itu di kantor ataupun sekolah. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan | IndiaTimes | image : agcpetservices.blogspot.com

Tanggal Publikasi May 7, 2013
Label