Artikel Kesehatan

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

bahaya merokok bagi kesehatanBahaya merokok bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Para dokter se-dunia pun rasanya juga telah sepakat bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan.

Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dari aktivitas merokok ini. Para perokok bukannya tidak sadar akan bahaya yang mengancam kesehatannya, namun seiring kuatnya ketergantungan akan rokok, membuat mereka sulit untuk berhenti merokok.

Sesuai bahasan kali ini, akan dipaparkan macam-macam bahaya merokok bagi kesehatan tubuh, sehingga anda benar-benar tahu bahwa peringatan pemerintah tentang bahaya merokok yang ada di setiap bungkus rokok adalah tidak main-main.


Bahaya Merokok – Mengenal Zat-Zat Kimia Pada Asap Rokok

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, ada lebih dari 5.000 komponen kimia yang ditemukan dalam asap rokok dan ratusan di antaranya berbahaya bagi kesehatan manusia. Ini adalah beberapa contohnya:

  • Arsenik digunakan untuk melestarikan kayu. Beberapa senyawa arsenik telah dikaitkan dengan kanker paru-paru, kulit, hati, dan kandung kemih.
  • 1,3-Butadiena adalah bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan karet. Hal ini dianggap sebagai bahan kimia karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker darah tertentu.
  • Kadmium adalah logam yang digunakan untuk membuat baterai. Kadmium dan kadmium dapat menyebabkan kanker paru-paru dan telah dikaitkan dengan kanker ginjal dan prostat.
  • Benzene digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kanker, terutama leukemia, pada manusia.
  • Formaldehid digunakan untuk membuat bahan kimia dan resin lainnya. Formaldehid juga digunakan sebagai pengawet. Formaldehida menyebabkan leukemia dan kanker pada jaringan pernafasan.
  • Kromium VI digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna. Senyawa kromium VI menyebabkan kanker paru-paru dan telah dikaitkan dengan kanker hidung dan sinus hidung.
  • Tar bukanlah bahan kimia tunggal, melainkan menggambarkan beberapa bahan kimia yang ada dalam asap rokok. Tar meninggalkan residu coklat lengket di paru-paru, gigi dan kuku Anda.
  • Polonium-210 adalah unsur radioaktif yang telah terbukti menyebabkan kanker pada hewan.

Karbon monoksida & nikotin: duo berbahaya

Karbon monoksida adalah gas berbahaya yang Anda hirup saat Anda merokok. Begitu di paru-paru Anda, gas tersebut dialihkan ke aliran darah Anda. Karbon monoksida menurunkan jumlah oksigen yang dibawa dalam sel darah merah.

Hal ini juga meningkatkan jumlah kolesterol yang tersimpan ke lapisan dalam arteri yang dapat menyebabkan arteri mengeras seiring berjalannya waktu. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit arteri dan mungkin serangan jantung.

Nikotin adalah bahan kimia berbahaya dan sangat adiktif. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan arteri (pembuluh darah yang membawa darah).

Nikotin juga dapat menyebabkan pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya dapat menyebabkan serangan jantung. Bahan kimia ini bisa tinggal di tubuh Anda selama enam sampai delapan jam tergantung seberapa sering Anda merokok

Perokok Pasif

Perokok bukanlah satu-satunya yang akan terkena dampak buruk dari kegiatan merokok. Asap rokok juga sangat berbahaya bagi non-perokok atau yang biasa dikenal sebagai perokok pasif. Orang yang tidak merokok dan memiliki riwayat hipertensi atau kolesterol yang tinggi berisiko besar terkena penyakit jantung saat terkena paparan asap rokok. Asap rokok berkontribusi terhadap banyaknya angka kematian akibat penyakit jantung prematur dan kematian akibat kanker paru-paru.


Beberapa Dampak Buruk dan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Ada beberapa bahaya merokok bagi kesehatan yang harus anda ketahui, diantaranya dapat menimbulkan penyakit mematikan seperti:

1. Kanker

Kanker adalah penyakit ganas yang sampai saat ini belum ada obat yang pasti yang dapat memeranginya. Salah satu penyebab kanker adalah merokok. Merokok dapat menyebabkan kanker paru, dan sudah sekitar 90% kematian pada pria yang disebabkan kanker paru ini, sedangkan pada wanita sekitar 80%.

Resiko kematian akibat kanker paru adalah 23 kali lebih tinggi untuk pria perokok, sedangkan untuk wanita perokok adalah 13 kali jika dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Namun hal ini juga berlaku bagi perokok pasif, karena walaupun mereka bukan perokok tetapi tinggal bersama dengan seorang perokok, mereka juga akan memiliki resiko sebanyak 24% mengidap kanker paru.

Merokok meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, laring, dan kerongkongan. Perokok juga memiliki risiko tingkat kanker pankreas yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak merokok. Bahkan orang yang “merokok tapi tidak menghirup” juga berhadapan dengan peningkatan risiko kanker mulut.

Menurut riset, merokok juga dapat menyebabkan kanker rongga mulut, pita suara, perut, ginjal, faring, esopagus, pankreas, serviks, hingga kanker kantung kencing.

Merokok juga memiliki efek pada insulin, sehingga kemungkinan membuat perokok akan mengalami resistensi insulin. Hal itu menempatkan perokok pada peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan komplikasinya, yang cenderung berkembang pada tingkat yang lebih cepat daripada orang yang tidak merokok.

2. Jantung

Bahaya merokok bagi kesehatan selanjutnya adalah mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah

  • Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Dan sebagai informasi untuk anda, perokok aktif mempunyai peluang 2 hingga 4 kali lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.
  • Merokok memberikan kesempatan 2 kali lebih besar pada perokok untuk terkena stroke.
  • Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri sehingga mengurangi sirkulasi darah. Akibatnya, perokok akan memiliki peluang 10 kali lebih tinggi terkena penyakit pembuluh darah serta juga impotensi/ereksi.
  • Merokok dapat menyebabkan pelebaran lokal pembuluh darah aorta pada bagian perut atau juga biasa disebut anurisma aorta abdomen. Penyakit ini mempunyai resiko kematian yang tinggi bagi perokok terutama ketika pembuluh darah tersebut pecah.

3. Sistem Integumen (Kulit, Rambut, dan Kuku)

Merokok dapat mempengaruhi kulit dan mengubah struktur kulit anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko karsinoma sel skuamosa (kanker kulit).

Kuku jari tangan dan kaki tubuh tidak kebal dari efek merokok. Merokok meningkatkan kemungkinan infeksi kuku jamur. Selain itu, nikotin juga mampu mempengaruhi rambut. Sebuah studi menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko rambut rontok, botak, dan beruban.

4. Paru-Paru

Mungkin bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang paling jelas adalah berdampak negatif pada paru-paru. Merokok dapat berdampak buruk bagi paru-paru melalui beberapa cara, dan yang paling utama adalah dengan merusak saluran udara dan kantung udara (dikenal sebagai alveoli) di paru-paru.

Seringkali penyakit paru-paru yang disebabkan oleh merokok bisa membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk menjadi nyata, sehingga sering tidak didiagnosis sampai ke tahap yang lebih dalam.

Ada banyak masalah paru-paru dan pernapasan yang diakibatkan oleh merokok, beberapa diantaranya adalah:

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK): Merupakan penyakit jangka panjang yang memburuk seiring berjalannya waktu. Hal ini menyebabkan mengi, sesak napas, dan dada sesak.

Bronkitis kronis: Terjadi saat saluran udara menghasilkan terlalu banyak lendir, menyebabkan batuk. Saluran udara kemudian menjadi meradang, dan batuknya semakin lebih lama untuk sembuh. Pada waktunya, jaringan parut dan lendir dapat sepenuhnya memblokir saluran udara dan menyebabkan infeksi. Tidak ada obatnya, tapi berhenti merokok bisa mengurangi gejala.

Emfisema: Mengurangi jumlah kantung di paru-paru dan memecah dinding diantaranya. Hal ini akan membuat perokok sulit bernapas, bahkan saat sedang istirahat. Pada tahap akhir, pasien seringkali hanya bisa bernapas menggunakan masker oksigen.

Penyakit lain yang disebabkan oleh merokok adalah pneumonia, tuberkulosis, dan asma.

5. Otak

Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya stroke hingga 4 kali. Stroke bisa menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

Salah satu cara stroke menyebabkan cedera otak adalah melalui aneurisma otak, yang terjadi saat dinding pembuluh darah melemah dan menimbulkan tonjolan. Tonjolan ini kemudian bisa pecah/robek dan pada akhirnya menyebabkan kondisi serius yang disebut pendarahan subarachnoid, yakni pendarahan mendadak yang terjadi di celah antara otak dan membran tengah.

6. Tulang

Merokok bisa membuat tulang lemah dan rapuh, terutama sangat berbahaya bagi wanita, yang lebih rentan terhadap osteoporosis dan patah tulang.

7. Sistem kekebalan Tubuh

Salah satu efek negatif dan bahaya merokok bagi kesehatan adalah mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh berperan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Merokok dapat merusak hal ini dan dapat menyebabkan penyakit autoimun, seperti penyakit Crohn dan rheumatoid arthritis. Merokok juga telah dikaitkan dengan diabetes tipe 2.

8. Gangguan janin

Untuk hal ini rasanya pemerintah juga sudah mengingatkan di setiap bungkus rokok. Hal ini karena bahaya merokok sangat tinggi bagi wanita terutama ibu hamil. Bahayanya adalah kemandulan, kematian janin, keguguran, berat bayi rendah saat lahir, hingga sindrom bayi yang mati mendadak.

Merokok dapat menyebabkan impotensi pada pria karena merusak pembuluh darah di Mr. P. Hal ini juga bisa merusak sperma dan mempengaruhi jumlah sperma. Pria yang merokok memiliki jumlah sperma lebih rendah dibanding pria yang bukan perokok.


Demikian informasi singkat mengenai bahaya merokok bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat memberikan peringatan bagi anda terutama perokok berat agar segera meninggalkan ‘kegiatan rutin’ ini demi menjaga kesehatan tubuh anda sendiri. Baca juga artikel tentang 7 Cara Berhenti Merokok.

Tanggal Publikasi May 26, 2012
Label