Artikel Kesehatan

Apa Yang Baik Bagi Jantung Juga Dapat Mencegah Kanker

Beberapa tips gaya hidup sehat yang direkomendasikan oleh ahli jantung ternyata tidak hanya efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung, namun juga bermanfaat dalam mencegah kanker, sebuah studi menunjukkan.

7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung & Mengurangi Risiko Kanker

kesehatan jantung dan mencegah kankerAda tujuh tips yang direkomendasikan oleh American Heart Association untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tujuh tips tersebut adalah :

1. Berolahraga rutin
2. Menjaga berat badan
3. Mengonsumsi makanan sehat
4. Menjaga kadar kolesterol
5. Menurunkan tekanan darah
6. Mengontrol kadar gula dalam darah
7. Tidak merokok.

Ketujuh tips tersebut tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung, namun juga mengurangi risiko terkena kanker hingga 50 persen.

“Temuan ini tidak mengherankan mengingat banyak unsur yang dilibatkan seperti menerapkan pola makan yang sehat, olahraga rutin, dan tidak merokok, di mana hal tersebut telah dikenal dapat mengurangi risiko kanker”, ujar Laura Rasmussen-Torvik, pemimpin penelitian.

Dr David Katz, direktur dari Prevention Research Center, Yale University, mengatakan bahwa sejak lama ilmu pengetahuan telah menunjukkan jika mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk menghindari penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Hal ini ibarat pepatah ‘sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui’, di mana dengan berolahraga secara rutin dan selalu mengonsumsi makanan yang sehat, dinilai sangat efektif dalam mencegah beberapa penyakit sekaligus seperti penyakit jantung dan kanker, serta tidak menutup kemungkinan penyakit lainnya.

Untuk melihat hubungan dengan risiko kanker, tim peneliti mengumpulkan data lebih dari 13.000 pria dan wanita yang ikut ambil bagian dalam penelitian berkelanjutan aterosklerosis(pengerasan pembuluh darah) yang dimulai pada tahun 1987.

Di awal penelitian, semua peserta ditanya tentang gaya hidup dan kebiasaan sehat yang mereka terapkan. Dua puluh tahun berselang, hampir lebih dari 3000 orang terkena kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menerapkan 6 hingga 7 tips gaya hidup sehat yang direkomendasikan, diketahui memiliki risiko 51 persen lebih rendah terkena kanker dibandingkan mereka yang tidak menerapkannya.

Sedangkan mereka yang menerapkan 4 tips diketahui memiliki risiko 33 persen lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkan.

Jika “tidak merokok” dihapus dari daftar gaya hidup sehat, maka hubungan antara kesehatan jantung dan rendahnya risiko terkena kanker akan berkurang secara signifikan.

Para peneliti berharap jika temuan ini dapat membantu dokter sebagai usaha mendorong pasien untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit jantung dan kanker.

MSN Health | Image : jusd.k12.ca.us

Tanggal Publikasi March 19, 2013
Label