Artikel Kesehatan

9 Tanda Anda Sedang Hamil

tanda kehamilanKehamilan umumnya termasuk salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Tidak jarang, saking ‘kebeletnya’ ingin punya anak, istri yang mual dan muntah di pagi hari sudah dibilang bahwa hal tersebut menjadi tanda-tanda kehamilan. Walaupun itu memang merupakan salah satu tandanya, namun kondisinya tidak sesederhana itu. Masih banyak tanda-tanda kehamilan lainnya yang bisa diamati.

Berikut ini akan dijelaskan gejala dan tanda awal yang bisa menjadi tanda-tanda kehamilan. Tanda-tanda tersebut bisa menjadi sarana untuk memprediksi, namun perlu dipahami bahwa kesemuanya itu bukanlah tanda pasti kehamilan. Diagnosa pasti kehamilan hanya bisa dikatakan saat ditemukannya tanda-tanda kehidupan di dalam rahim si calon ibu.

Beberapa gejala dan tanda-tanda kehamilan

Seperti yang dilansir dari MeetDoctor.com, ada beberapa tanda dan gejala hamil yang bisa anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Mudah lelah
Anda tiba-tiba menjadi malas untuk melakukan kegiatan rutinitas sehari-hari. Anda seperti kehabisan tenaga dan ingin tidur seharian. Untuk kondisi ini, jangan coba melawannya, tetap tenang, dan biarkan berjalan sesuai apa adanya hingga semua itu terbukti.

2. Payudara membesar
Payudara yang membesar dan kadangkala disertai nyeri bisa menjadi salah satu tanda anda tengah hamil. Kondisi yang anda rasakan adalah seperti ketika mendekati menstruasi. Payudara jadi lebih besar dan kadang terasa nyeri saat disentuh. Beberapa wanita bahkan dapat merasakan perbedaannya setelah terjadinya pembuahan.

3. Penciuman lebih sensitif
Kadang, saat anda merasa bahwa indra penciuman anda lebih tajam dari biasanya, hal ini bisa jadi menjadi tanda-tanda kehamilan. Perubahan hormonal dalam tubuh anda diduga yang menjadi pemicunya.

4. Mual dan muntah
Poin ini tentunya merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita. Gejala ini memang identik dengan kehamilan. Penyebabnya adalah perubahan hormon yang bisa membuat wanit hamil merasa mual lalu muntah di pagi hari, bahkan siang dan malam hari. Bila anda benar-benar positif hamil, maka gejala ini biasanya hanya berlangsung selama trimester pertama.

5. Perut kembung
Perut kembung (bloated) yang tiba-tiba sering anda alami juga bisa menjadi indikator kehamilan. Sama seperti yang lainnya, perubahan hormon diduga menjadi penyebabnya.

6. Sering kencing
Apakah belakangan ini lebih sering ke toilet dibandingkan hari-hari biasanya? Jika ya, bisa jadi anda sedang hamil. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang dapat meningkatkan aliran darah dan juga frekuensi kencing. Jadi, ketika anda ke toilet untuk yang kesekian kalinya, mungkin anda juga perlu membawa alat tes kehamilan.

7. Naiknya suhu tubuh
Apabila anda teliti, suhu tubuh anda ketika baru bangun tidur di pagi hari (Suhu Basal) akan meningkat sampai 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi. Apabila ini berlangsung terus menerus, maka bisa jadi anda sedang hamil.

8. Tidak haid
Meskipun tidak selalu berarti hamil, namun tidak munculnya haid sesuai waktunya bisa menjadi indikator kehamilan. Para wanita sangat disarankan untuk selalu mencatat tanggal siklus haid mereka.

9. Bercak darah
Apabila anda terlambat haid kemudian mendapati bercak darah atau spotting, bisa jadi hal itu akibat adanya penempelan embrio di dinding rahim, dan ini sifatnya normal. Yang perlu dilakukan adalah beristirahat, atau juga bisa konsultasikan dengan dokter.

Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan yang bisa anda amati. Namun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa semua tanda tersebut bukanlah penanda pasti suatu kehamilan, sehingga pastikan dengan melakukan tes kehamilan, atau mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan di kota anda untuk konfirmasi diagnosa.

image : mommyish.com

Tanggal Publikasi February 4, 2014
Label