Artikel Kesehatan

9 Penyebab Yang Membuat Metabolisme Melambat

metabolisme | metabolisme tubuhApakah anda termasuk orang yang proses metabolismenya lambat? Banyak faktor yang membuat metabolisme seseorang lambat seperti berat badan, asupan gizi, jenis kelamin, usia dan lain sebagainya.

Beberapa Penyebab Metabolisme Melambat

Selain itu ada penyebab spesifik lainnya yang membuat metabolisme melambat, dikutip dari kompas.com beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kekurangan Protein

Protein mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan otot. Protin mampu meningkatkan metabolisme sampai 35 %. Maka dari itu, usahakan setiap makanan yang dikonsumsi mengandung protein.

2. Kekurangan Zat Besi

Selain protein, zat besi juga memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membawa oksigen ke otot yang berfungsi dalam membantu pembakaran lemak. Apabila kekurangan zat besi, menyebabkan seseorang lebih cepat merasa lelah dan akan memperlambat metabolismenya.

Hal ini banyak terjadi pada kaum perempuan yang secara periodik mengalami haid(menstruasi). Daging dan sayuran merupakan sumber zat besi.

3. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting untuk membantu proses penyerapan kalsium dan memperlancar metabolisme. Untuk mendapatkan dosis vitamin D yang baik, anda bisa ‘Berjemur’ beberapa menit di bawah sinar matahari tanpa tabir surya. Namun yang perlu diingat, jangan terlalu lama berjemur agar terhindar sengatan matahari dan kanker kulit. Selain itu segelas susu dan 1 porsi ikan tuna merupakan sumber vitamin D yang baik.

4. Menghindari Susu

Kalsium merupakan sangat berpengaruh dalam memperlancar metabolisme dalam tubuh. Dengan menghindari konsumsi susu, akan memungkinkan memperlambat proses metabolisme tubuh. Jika anda bisa mengusahakan, konsumsilah yogurt ketika sarapan atau jam makan siang agar kebutuhan tubuh anda akan kalsium terpenuhi.

5. Menghindari Kafein

Menurut sebuah penelitian, kafein mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4-5 persen jika dikonsumsi dengan jumlah benar dan tidak berlebihan.

6. Mengonsumsi Alkohol

Dr Mauro Di Pasquale menulis artikel pada Bodybuilding.com yang berisikan bahwa alkohol bisa memperlambat metabolisme sampai 73%, bahkan setelah beberapa jam alkohol dikonsumsi.

7. Massa Otot Rendah

Seseorang yang mempunyai massa otot lebih besar, biasanya memiliki kecenderungan metabolisme yang lebih cepat pula. Hal ini karena otot menggunakan energi lebih banyak dibandingkan dengan lemak.

8. Diabetes tipe 2

Walaupun keterkaitannya belum diketahui secara pasti, namun beberapa penelitian menunjukkan jika seseorang yang mempunyai diabetes tipe 2, tingkat metabolismenya yang lebih lambat dibandingkan oleh mereka yang tidak memilik diabetes tipe 2.

9. Melewatkan Waktu Makan

Jika anda melewatkan waktu makan dikarenakan ingin diet dan langsing, maka itu merupakan suatu kesealahan. Karena dengan melewatkan waktu makan, membuat proses metabolisme dalam tubuh lebih lambat. Setiap harinya, tubuh membutuhkan jumlah kalori yang cukup agar membantu fungsi dari kerja tubuh. Maka dari itu, jika asupan kalori sangat rendah, maka tubuh akan mencari sumber makanan lain yang biasanya diambil dari jaringan otot.

Tanggal Publikasi March 18, 2012
Label