Artikel Kesehatan

8 Tips Sederhana Menurunkan Kadar Kolesterol

kadar kolesterolKolesterol adalah salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Bahkan para ahli mengatakan bahwa tidak ada faktor lainnya yang lebih menentukan risiko seseorang untuk mengalami serangan jantung selain daripada kolesterol.

Normalnya, kadar kolesterol seseorang adalah sekitar 160 mg/dl hingga 200 mg/dl. Kolesterol juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan, namun jika kadarnya sudah di atas normal (lebih dari 200 mg/dl), maka akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih lanjut.

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol

Menjaga kadar kolesterol agar tetap normal adalah suatu keharusan, terlebih lagi jika kadar kolesterol anda sudah sangat tinggi, diatas normal. Penurunan kolesterol sebanyak 1 persen saja diketahui bisa mengurangi risiko serangan jantung 2 hingga 3 persen. Bagi anda yang kadar kolesterolnya tinggi, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menguranginya. Simak ulasan berikut ini..

1. Olahraga dan bergerak lebih banyak

Selain menurunkan kolesterol jahat (LDL), aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) hingga 10 persen. Manfaat ini bisa anda peroleh walaupun hanya dengan berolahraga ringan seperti jalan cepat. Robert Harrington, MD, profesor kedokteran dari Duke University School of Medicine di Durham, NC, mendesak pasiennya untuk berjalan-jalan selama 45 menit setelah makan malam.

Apapun olahraga yang anda pilih, yang terpenting adalah dengan melakukannya secara rutin. Para ahli menyarankan berolahraga secara rutin setidaknya lima kali dalam seminggu.

2. Batasi asupan lemak jenuh

Lemak jenuh umumnya mengacu pada lemak hewani seperti pada produk susu, unggas, daging merah (sapi, kambing, domba). Sebaiknya batasi pengonsumsian makanan-makanan tersebut karena bisa memacu produksi kolesterol dan meningkatkan kolesterol jahat (LDL), serta kolesterol secara keseluruhan . Dengan mengurangi asupan lemak jenuh, kadar kolesterol anda semakin lama akan semakin baik dan normal kembali.

3. Konsumsi makanan berserat

Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tidak hanya merupakan sumber antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung, namun juga kaya akan serat makanan penurun kolesterol. Serat larut, khususnya, dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat larut bertindak layaknya spon yang dapat menyerap kolesterol dalam saluran pencernaan. Sumber yang baik dari serat larut adalah kacang kering, gandum, dan jelai(sereal), serta produk serat yang mengandung psyllium.

4. Konsumsi ikan

Ikan dan minyak ikan diperkaya oleh asam lemak omega-3 penurun kolesterol. Suplemen minyak ikan dapat memiliki efek yang baik terhadap kolesterol dan trigliserida. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu.

Ikan yang banyak mengandung omega-3 adalah salmon dan tuna. Jika sulit mendapatkannya, anda juga bisa mengonsumsi ikan-ikan jenis lainnya. Untuk suplemen minyak ikan, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter anda.

5. Minum teh hijau

Para ahli menunjukkan bahwa teh hijau dapat menjadi alternatif sehat pengganti soda dan minuman manis. Penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Dalam sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Brazil, orang-orang yang mengonsumsi kapsul yang mengandung ekstrak teh hijau, diketahui mengalami penurunan kadar kolesterol mereka.

6. Makan kacang

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol. Kacang-kacangan seperti walnut (sejenis kenari) dan almond diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama dalam menurunkan kadar kolesterol. Namun demikian, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena kacang mengandung kalori yang cukup tinggi.

7. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan merupakan faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung. Jika anda seorang perokok, sebaiknya segera berhenti merokok jika tidak ingin terkena serangan jantung. Sebagai informasi, ketika anda berhenti merokok, maka kadar kolesterol baik (HDL) anda akan meningkat hingga 10 persen. Selain itu, tekanan darah dan risiko untuk mengalami serangan jantung akan menurun.

8. Mengonsumsi obat penurun kolesterol dan konsultasi ke dokter

Beberapa jenis obat penurun kolesterol sudah tersedia seperti niasin dan asam fibrat. Selain itu obat dari golongan statin juga sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 20 hingga 50 persen. Walau bagaimanapun, ke-8 tips ini hanyalah sekadar informasi saja.

Hal terbaik adalah dengan berkonsultasi kepada dokter anda. Dokter akan membantu anda dalam memberikan solusi yang tepat terhadap masalah ini, termasuk memberikan pilihan obat yang tepat.

via WebMD & Kompas | image : healthylivingindia.org

Tanggal Publikasi May 29, 2013
Label