Artikel Kesehatan

7 Tips Sederhana Yang Dapat Mencegah Osteoporosis

mencegah osteoporosisSemakin bertambahnya umur seseorang, semakin rentan ia berisiko mengalami osteoporosis.

Osteoporosis sering menyerang wanita ketika memasuki usia menopause. Ada berbagai macam penyebab osteoporosis, namun yang paling umum diketahui adalah kekurangan kalsium.

Walaupun demikian, memenuhi kebutuhan kalsium saja tidak cukup mencegah terjadinya osteoporosis. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi terjadinya osteoporosis seperti obesitas atau kurangnya olahraga.

Beberapa tips untuk mencegah osteporosis

Cara termudah untuk mencegah osteoporosis adalah dengan menjadi aktif dan tetap bugar. Adapun cara-cara pencegahan lainnya yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut :

1. Kontrol berat badan
Obesitas sering dikaitkan dengan osteoporosis. Mengontrol berat badan agar tetap normal adalah hal yang sebaiknya anda lakukan sehingga tulang anda tidak mengalami terlalu banyak tekanan yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

2. Penuhi kebutuhan kalsium
Salah satu penyebab terjadinya osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium. Wanita memiliki kecenderungan kehilangan kalsium dari tubuh mereka dengan mudah, sehingga mereka diharapkan untuk selalu memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan mengonsumsi susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dan sebagainya.

3. Jangan abaikan nyeri tulang
Osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang yang berkurang, membuat tulang menjadi hancur atau kolaps. Hal ini biasanya akan menimbulkan nyeri tulang pada tubuh dan bahkan kelainan bentuk. Oleh karena itu, apabila anda merasakan sesuatu yang aneh pada tulang di bagian tubuh anda seperti terasa nyeri, segeralah kunjungi dokter.

4. Jangan melakukan diet ekstrim
Menurunkan berat badan dengan melakukan diet yang sangat ekstrim adalah salah satu hal terburuk yang anda lakukan bagi tubuh anda. Melakukan diet ekstrim berisiko membuat tubuh anda kehilangan nutrisi yang penting bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium.

5. Olahraga teratur
Berolahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang anda. Pisau yang tidak pernah diasah bisa menjadi tumpul. Hal ini juga berlaku bagi tulang anda.

6. Konsumsi suplemen kalsium setelah menopause
Pasca-menopause, hormon estrogen pada wanita akan berkurang sebagian besarnya. Oleh sebab itu, para wanita dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium segera setelah berhenti menstruasi.

7. Penuhi kebutuhan vitamin D
Tanpa vitamin D, tubuh anda tidak dapat memproses kalsium. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan vitamin D setiap harinya dengan mengonsumsi suplemen atau dengan ‘membiarkan’ tubuh anda untuk terkena sinar matahari beberapa menit saja di pagi hari.

Ketujuh hal tersebut merupakan cara yang sederhana namun cukup efektif untuk mencegah osteoporosis. Semoga bermanfaat.

via Boldsky | image : facts-are-facts.com

Tanggal Publikasi April 13, 2013
Label