Artikel Kesehatan

7 Nutrisi Penting Yang Sering Terlewatkan Ketika Sedang Diet

asupan nutrisi penting saat dietDiet tidak hanya tentang bagaimana seseorang meningkatkan asupan protein dan memangkas asupan lemak plus karbohidrat. Jika anda sedang menjalankan program diet, anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak orang ketika sedang menjalankan program diet, seringkali melupakan kebutuhan akan asupan nutrisi penting lain seperti kalium, magnesium, dan lain sebagainya.

Padahal, nutrisi-nutrisi penting tersebut mempunyai peran vital dalam menjaga kesehatan tubuh. Katakanlah anda sukses dalam menurunkan berat badan, namun di sisi lain karena kekurangan nutrisi penting lainnya, tubuh anda jadi mudah terserang penyakit. Paradoks seperti ini tentunya tidak anda inginkan bukan?

Jangan Lupakan Nutrisi-Nutrisi Ini Saat Sedang Diet

Maka dari itu segala sesuatu itu sebaiknya dilakukan secara seimbang, begitu juga halnya dengan diet. Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi penting lainnya seperti yang akan diulas berikut ini..

1. Serat
Makanan yang kaya akan serat umumnya rendah kalori dan bersifat mengenyangkan. Serat sangat baik untuk dikonsumsi terutama bagi orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Serat dari kacang-kacangan dan biji-bijian mempunyai banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kinerja usus, mencegah beberapa jenis kanker, menurunkan kadar kolestrol, serta mengurangi risiko penyakit diabetes dan jantung.

2. Vitamin C
Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah kerusakan sel tubuh. Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

3. Kalsium
Kalsium sudah terkenal perannya yang baik bagi tulang. Selain itu, kalsium juga bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi, mengatur irama detak jantung, dan mempertahanankan fungsi otot. Kalsium bisa didapatkan pada salmon, susu, kedelai dan berbagai olahannya.

4. Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko tersumbatnya pembuluh darah, dan membantu penglihatan yang baik. Uniknya, sumber vitamin E seringkali dijumpai pada makanan yang kadar lemak sehatnya tinggi seperti selai kacang, kwaci, almon, minyak bunga matahari, minyak safflower, dan hazelnut.

5. Vitamin A
Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan jaringan, dan imunitas. Sumber vitamin A adalah wortel, ubi jalar, labu, bayam, sereal, dan sebagainya.

6. Magnesium
Kurangnya kadar magnesium dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, kram otot, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis. Untuk memenuhi kebutuhan magnesium, anda bisa mengonsumsi almond, kacang polong, bayam, dan lain sebagainya.

7. Kalium
Kalium merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Kalium dapat membantu meningkatkan kesuburan, mengontrol tekanan darah, menjaga fungsi saraf dan kesehatan otot. Kalium bisa didapatkan pada kentang, pisang, brokoli, ubi jalar, dan sebagainya.

via Health Kompas | Image : rollingout.com

Tanggal Publikasi July 10, 2013
Label