Artikel Kesehatan

7 Cara Berhenti Merokok

tips cara berhenti merokokJika anda sebelumnya telah membaca artikel tentang bahaya merokok, maka kali ini akan diulas mengenai cara berhenti merokok. Untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini sangatlah tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa.

Cara Berhenti Merokok

Berikut akan dijelaskan beberapa tips cara berhenti merokok yang semoga dapat berguna untuk anda, diantaranya adalah :

1. Tarik nafas dalam-dalam & keluarkan lewat mulut secara perlahan

Cara ini cukup efektif untuk mencegah anda saat akan merokok. Lakukan cara ini setiap kali anda ingin merokok. Anda bisa melakukannya 3 kali sekali waktu. Ambil napas dalam-dalam sebisa anda, tahan sebentar, kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut.

Sebenarnya ini adalah variasi dari teknik yoga, dan ini sangat menenangkan. Dengan melakukan proses ini, niat anda yang tadinya ingin berhenti merokok namun kalah oleh nafsu, akan kuat kembali sehingga dapat mencegah keinginan merokok anda.

2. Minum banyak air

Di beberapa hari awal, minumlah banyak air untuk membantu menyiram keluar nikotin dan beberapa racun yang ada di tubuh anda.

3. Jauhkan diri anda dari alkohol, gula, dan kopi

Hal ini dikarenakan ketiganya sering merangsang keinginan untuk merokok, oleh sebab itu hindarilah untuk mengonsumsi alkohol, gula, dan kopi. Hindari makanan berlemak, karena metabolisme anda akan melambat sedikit tanpa nikotin.

4. Cari Pengganti

Cari pengganti dari kebiasaan merokok anda. Anda bisa menggantinya dengan makan makanan rendah kalori seperti seledri, apel, dan wortel. Selain itu mengunyah permen karet atau mengisap batang kayu manis juga bisa menjadi alternatif. Pada saat setelah makan malam, manjakan diri anda dengan secangkir teh mint atau permen peppermint.

5. Sibukkan diri

Sibukkan diri anda dengan melakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan lainnya seperti bersepeda, berkebun, mendengarkan musik, main game, dan lain sebagainya. Berolahragalah ke tempat fitnes maupun sekadar jogging atau berjalan mengelilingi komplek perumahan.

6. Kurangi jumlah konsumsi rokok secara perlahan

Anda tidak bisa dalam sekejap berhenti merokok seketika. Cara terbaik adalah mengurangi jumlah rokok secara perlahan-lahan. Jika anda biasa menghabiskan sebungkus rokok perharinya, bisa anda kurangi menjadi 10 batang untuk hari pertama.

Hari berikutnya, cobalah kurangi lagi menjadi 8 batang, hari ketiga menjadi 5 batang, dan begitu seterusnya sampai akhirnya dalam satu hari anda tidak merokok 1 batang pun.

7. Beritahu dan minta dukungan dari keluarga maupun teman

Hal ini sangatlah penting, karena disadari atau tidak, biasanya seseorang merokok akibat pengaruh dari teman, keluarga, maupun lingkungannya. Dengan memberitahu mereka bahwa anda akan/sudah berhenti merokok, diharapkan mereka akan mengerti dan tidak akan menawari rokok bahkan justru akan membantu anda untuk menjauhkan rokok dari hadapan anda.


Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat agar mendapatkan saran-saran yang lebih baik. Ketujuh ulasan diatas hanyalah merupakan bentuk usaha yang bisa anda terapkan agar berhenti merokok, namun hal yang paling penting dari semua itu adalah niat anda sendiri.

Tanpa niat yang kuat, usaha anda akan sia-sia. Demikian artikel tentang cara berhenti merokok, semoga bermanfaat bagi anda.

Tanggal Publikasi May 27, 2012
Label