Artikel Kesehatan

6 Manfaat Susu Kedelai

manfaat susu kedelaiManfaat susu kedelai – Kedelai tidak hanya digunakan sebagai bahan baku tahu atau tempe, namun juga bisa diolah menjadi susu. Walaupun kandungan kalsiumnya tidak setinggi susu sapi, namun susu kedelai merupakan alternatif bagi mereka yang tidak suka atau alergi terhadap susu sapi.

Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan terutama saat dihidangkan dingin, susu kedelai juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti halnya pada susu sapi.

Manfaat susu kedelai

1. Sumber protein
Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi. Bedanya, protein dari susu kedelai merupakan protein nabati dimana sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

2. Baik untuk jantung
Susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung karena jumlah lemak jenuh pada susu kedelai sangatlah sedikit. Lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol “buruk” (LDL) serta bisa meningkatkan risiko jantung. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. selain itu, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, sehingga aman bagi anda yang takut gemuk.

3. Tidak mengandung laktosa
Kandungan laktosa yang ada pada susu sapi bisa membuat alergi pada orang tertentu. Oleh sebab itu, susu kedelai merupakan salah satu alternatif terbaik bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi.

4. Alternatif Bagi Bayi yang menderita galaktosemia
Susu kedelai bisa menjadi alternatif dan aman untuk bayi dengan gangguan galaktosemia. Galaktosemia merupakan kelainan di mana kadar glaktosa yang tinggi dalam darah. Gangguan ini ditandai dengan kondisi bayi yang tidak toleran pada susu. Biasanya, tubuh bayi menampakkan beberapa gejala yang mengkhawatirkan seperti diare, kejang perut, kembung sampai gejala keracunan hati & ginjal yang parah.

5. Tidak menyebabkan alergi
Selain sebagai minuman yang ideal untuk mereka yang tidak toleran terhadap laktosa dan yang menderita galaktosemia, susu kedelai tidak menyebabkan alergi karena bebas kasein, gluten, dan MSG.

6. Membantu dalam penurunan berat badan
Susu kedelai menyebabkan penurunan berat badan karena tiga alasan :

  • Susu kedelai mengandung sedikit kalori.
  • Susu kedelai mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menghambat proses penyerapan lemak.
  • Serat dalam susu kedelai memberikan perasaan kenyang dan membantu menjaga sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Kesehatan | Magforwomen | foto : citarasadapur.com

Tanggal Publikasi January 6, 2013
Label