Artikel Kesehatan

6 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah kurmaKurma adalah salah satu buah yang paling manis diantara buah-buahan yang ada di dunia ini. Buah kurma datang dengan beragam varietas yang berbeda.

Kurma dapat dikelompokkan menjadi 3 golongan utama yakni lunak, semi-kering, dan kering. Walaupun tidak tinggal di wilayah Timur Tengah, namun masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya kurma, mengingat mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam.

Kandungan nutrisi kurma

Nilai nurtrisi per 100 g (3.5 oz)
Serat : 6,7 g
Kalium : 696 mg
Tembaga : 0,4 mg
Manganese : 0,3 mg
Magnesium : 54 mg
Vitamin B6 : 0,2 mg
Berdasarkan USDA Nutrient Database

Jika anda mencari buah dengan kandungan seperti serat, kalium, dan tembaga, maka buah kurma adalah pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Kurma menawarkan nutrisi yang penting bagi tubuh, sehingga mengonsumsinya secara rutin akan berdampak positif bagi kesehatan anda. Adapun nutrisi yang ditawarkan kurma (setiap 100 gram) bisa anda lihat pada tabel.

Selain itu, kurma juga mengandung air, gula, protein, dan vitamin C yang cukup tinggi. Dengan beragam kandungan nutrisi tersebut, maka secara tidak langsung buah kurma akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

6 manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, kurma membawa beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi sembelit
Serat sangat penting dalam meningkatkan kesehatan usus besar dan memperlancar buang air besar secara teratur. Serat larut dan tidak larut yang terkandung dalam kurma membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan membuat usus besar bisa bekerja dengan performa terbaiknya. Beberapa manfaat lainnya yang terkait dengan serat dan kesehatan usus adalah mengurangi risiko radang usus, kanker usus, dan wasir.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus besar, serat juga diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah beberapa jenis kanker.

3. Anti-inflamasi
Kurma kaya magnesium, mineral yang dikenal sebagai anti-inflamasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa indikator peradangan dalam tubuh seperti IL6 (interleukin 6), TNF (necrosis factor alpha tumor), dan CRP (C-reactive protein) semuanya akan berkurang ketika asupan magnesium meningkat.

Peradangan pada dinding arteri juga berkurang dengan adanya magnesium. Berdasarkan sifat anti-inflamasinya dan temuan dari penelitian ini, magnesium secara efektif dapat mengurangi risiko penyakit jantung, alzheimer, arthritis, dan peradangan yang terkait dengan penyakit.

4. Mengurangi tekanan darah
Kandungan magnesium dan mineral dalam kurma bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium merupakan salah satu mineral yang terkandung dalam kurma, di mana sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengurangi tekanan darah.

5. Mengurangi risiko stroke
Setelah mengevaluasi 7 penelitian yang telah dipublikasikan ke umum selama jangka waktu 14 tahun (bisa ditemukan di American Journal of Clinical Nutrition), para peneliti menemukan bahwa risiko stroke akan berkurang hingga 9% untuk setiap 100 miligram magnesium yang dikonsumsi. Mengingat kurma mengandung magnesium yang cukup tinggi, maka mengonsumsi kurma secara rutin akan mengurangi risiko terjadinya stroke.

6. Meningkatkan kesehatan otak
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan vitamin B6 yang ditemukan dalam kurma berhubungan dengan meningkatnya kinerja otak menjadi lebih baik.

Demikianlah ulasan singkat tentang buah kurma dan berbagai manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

naturalsociety.com | photo : faktafaktamenarik.com

Tanggal Publikasi March 15, 2013
Label