Artikel Kesehatan

6 Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan Tubuh

Buah ceri sering hadir di atas kue tart atau makanan-makanan utama lainnya. Namun demikian, kehadiran buah ceri bukanlah hanya sebagai pelengkap atau hiasan makanan utama semata. Selain terlihat menarik dari sisi bentuk dan warnanya, buah ceri juga mengandung segudang manfaat yang baik bagi kesehatan.

Beberapa manfaat buah ceri

manfaat buah ceri1. Sumber antioksidan
Buah ceri kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam membantu memperlambat proses penuaan dan memerangi stres oksidatif.

Buah ceri juga mempunyai kandungan senyawa flavonoid polifenolik atau dikenal dengan glikosida antosianin, di mana dapat membantu mencegah penyakit penyumbatan darah (aterosklerosis).

2. Mengatur siklus tidur tubuh
Jika anda mempunyai gangguan tidur, cobalah makan buah ceri. Buah ceri memiliki antioksidan melatonin yang mempunyai efek menenangkan, mengurangi insomnia, mengurangi stres dan sakit kepala serta dapat membantu mengontrol emosi.

3. Anti-inflamasi
Antosianin dalam ceri tidak hanya sebagai sumber antioksidan saja, namun juga dapat berperan sebagai agen anti-inflamasi. Dengan kata lain, buah ceri memiliki peran yang penting dalam mencegah penyakit kronis yang menyakitkan seperti artritis (radang sendi disertai kebengkakan, kekakuan) dan penyakit lainnya yang sejenis.

4. Pengganti obat penghilang rasa sakit
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa buah ceri juga berperan sebagai agen anti-inflamasi, ceri juga mempunyai sifat untuk menghilangkan rasa sakit seperti halnya pada aspirin, advil, dan motrin. Dengan demikian, secara tidak langsung buah ceri dapat dimanfaatkan menjadi ‘obat’ alami untuk melawan rasa sakit namun tanpa ada efek samping yang berbahaya seperti pada obat-obatan pada umunya.

5. Rendah kalori, tinggi nutrisi
Buah ceri merupakan makanan yang rendah kalori namun memiliki segudang nutrisi yang baik dari berbagai mineral. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

6. Detoksifikasi
Buah ceri juga bisa berperan sebagai detoksifikasi alami, membantu membersihkan zat-zat asing dalam tubuh secara aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Itulah beberapa manfaat buah ceri bagi kesehatan tubuh. Buah ceri bisa anda makan langsung atau juga bisa dijadikan minuman/jus yang nikmat untuk dikonsumsi terutama setelah berolahraga. Minum segelas jus ceri dapat mengembalikan sistem dan energi tubuh setelah berolahraga. Semoga bermanfaat..

via MetroTVnews | image : 1zoom.net

Tanggal Publikasi April 15, 2013
Label