Artikel Kesehatan

6 Cara Sederhana Mencegah Hipertensi

mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggiTekanan darah tinggi atau juga dikenal dengan nama hipertensi merupakan suatu kondisi medis kronis karena adanya peningkatan tekanan darah di arteri.

Peningkatan ini membuat jantung lebih bekerja keras daripada biasanya untuk mengalirkan darah melalui pembuluh darah. Hipertensi merupakan faktor risiko utama yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, gagal jantung, serangan jantung, penyakit ginjal kronik, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, hipertensi sering dikaitkan dengan harapan hidup yang pendek. Untuk mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti yang akan diulas berikut ini.

Beberapa Cara Efektif Yang Dapat Mencegah Hipertensi

1. Mengurangi asupan garam
Tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan cara membatasi asupan garam yang terlibat di makanan anda. Pengurangan asupan garam ini juga dapat mencegah terjadinya hipertensi bagi mereka yang belum mengalaminya. Rekomendasi pembatasan asupan garam oleh WHO adalah 2000 mg per hari (1 sendok teh garam). Selain itu, waspadai juga kandungan garam pada makanan kemasan atau makanan olahan.

2. Tingkatkan asupan kalium
Kalium atau potasium mempunyai peran penting dalam menurunkan tekanan darah. Asupan kalium yang direkomendasikan adalah 3510 miligram per hari. Anda bisa mendapatkan asupan kalium pada makanan-makanan seperti buncis, kubis, bayam, kacang tanah, serta buah-buahan seperti pisang, kurma, atau pepaya. Baca juga 5 buah kaya kalium »

3. Ubah ke pola makan yang lebih sehat
Konsumsilah buah dan sayur kaya serat secara rutin setiap harinya. Kurangi porsi makanan olahan dan makanan yang tinggi akan garam. Kurangi juga makanan-makanan yang berlemak dan berminyak seperti gorengan.

4. Kontrol berat badan
Kenaikan berat badan bisa ditandai oleh adanya peningkatan tekanan darah, sehingga anggapan yang mengatakan bahwa semakin berat tubuh seseorang, maka semakin tinggi pula tekanan darahnya adalah anggapan yang tidak salah. Oleh sebab itu kontrol berat badan anda agar terhindar dari hipertensi. Jika anda mengalami kenaikan berat badan, segeralah berpikir untuk menurunkannya.

5. Olahraga dan cukup tidur
Tekanan yang menghampiri anda bisa membuat stres, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah walaupun hanya sementara. Untuk meredakan kondisi tersebut, buatlah diri anda untuk selalu aktif. Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol tekanan darah anda. Imbangi juga dengan istirahat atau tidur yang cukup untuk membantu meredakan stres.

6. Hindari alkohol
Alkohol selalu dikaitkan dengan naiknya tekanan darah. Mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan darah secara permanen. Oleh sebab itu, hindarilah diri anda dari alkohol.

Itulah beberapa tips dalam mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat.

via Merdeka | image : axialexchange.com

Tanggal Publikasi April 21, 2013
Label