Artikel Kesehatan

6 Cara Mengurangi Keringat Berlebih dan Bau Badan

keringat berlebih dan bau badanKeringat berlebih sering dikenal dengan nama hiperhidrosis. Seseorang yang tubuhnya memiliki kecenderungan untuk mengeluarkan keringat berlebih, tentunya akan menjadi masalah tersendiri baginya.

Apakah anda termasuk orang dengan keringat berlebih? Apakah hal tersebut mengganggu anda? Jika ya, maka anda tidak sendirian. Anda juga tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena ada beberapa tips untuk mengatasinya.

Faktor-Faktor Penyebab Keringat Berlebih

Hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah faktor-faktor penyebabnya. Para ahli berpendapat bahwa banyaknya keringat yang dikeluarkan seseorang bisa dikarenakan faktor ketidakseimbangan hormon, stres, olahraga, makan makanan pedas, dan semangat berlebihan.

Ada juga yang berpendapat karena faktor keturunan. Namun yang jelas, keringat berlebih dapat memicu dan menyebabkan seseorang mengalami bau badan. Untuk mengatasinya, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengurangi Keringat Berlebih dan Bau Badan

1. Banyak minum air
Jangan merasa bosan untuk minum air mineral. Memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya dapat bermanfaat bagi tubuh. Selain berguna membersihkan racun dalam tubuh, air mineral juga bisa mencegah bau ketiak anda.

2. Gunakan pakaian yang tepat
Pakailah pakaian dengan bahan katun agar kulit anda bisa ‘bernapas’ dan bisa menangani keringat yang keluar secara berlebihan. Hindari memakai pakaian yang bahan kainnya terasa panas di kulit dan bisa membuat iritasi, di mana pada akhirnya dapat membuat tubuh anda berkeringat secara berlebihan.

3. Gosokkan jeruk nipis
Jeruk nipis dapat membantu anda mengurangi keringat yang keluar secara berlebihan. Secara otomatis, hal tersebut dapat mencegah bau badan. Gosokkan satu setengah jeruk nipis pada ketiak anda. Namun apabila anda sedang menderita ruam (gatal), maka jangan ikuti saran ini.

4. Pakai deodoran
Deodoran cukup efektif dalam membantu mengurangi bau badan. Hal ini dikarenakan deodoran bekerja dengan menyumbat pori-pori yang dapat menghentikan keringat. Walaupun demikian, anda harus tahu bahwa terdapat bahan kimia pada deodoran yang bisa menyebabkan efek samping seperti kulit berubah warna dan iritasi. Jadi apabila anda mengalami efek samping tersebut, segera hentikan pemakaian deodoran.

5. Konsumsi makanan sehat dan turunkan berat badan
Kelebihan berat badan juga menjadi salah satu faktor timbulnya keringat berlebih dan bau badan. Oleh sebab itu, jika anda kelebihan berat badan, mulailah berpikir untuk menurunkan berat badan. Anda bisa melakukannya dengan cara berolahraga, diet, dan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat terutama yang tinggi serat.

6. Kunjungi dokter
Jika semuanya tidak berjalan dengan baik, konsultasikanlah masalah ini kepada dokter. Dokter bisa membantu anda untuk menemukan penyebab terjadinya keringat berlebih pada tubuh anda. Dengan begitu, bisa diketahui pula solusi yang efektif untuk mengatasinya.

Artikel Kesehatan | via Liputan6 | image : dermatologistjohannesburg.com

Tanggal Publikasi April 17, 2013
Label