Artikel Kesehatan

5 Vitamin Yang Dapat Mencegah dan Mengusir Jerawat

Jerawat bisa dipicu karena faktor stres, baik mental ataupun fisik. Penelitian membuktikan bahwa pengonsumsian vitamin dapat mengatasi atau mencegah jerawat. Vitamin dan mineral diyakini mempunyai antioksidan yang kuat, yang bisa membantu membuang kotoran dari kulit, khususnya di area jerawat berada.

Vitamin-Vitamin Pelawan Jerawat

vitamin untuk jerawatAnda bisa mendapatkan vitamin dan mineral secara alami dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Alternatif lain, anda juga bisa mengonsumsi suplemen apabila diperlukan.

Yang perlu diperhatikan, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena bisa berdampak negatif bagi tubuh. Ada 5 vitamin yang diyakini dapat mencegah dan mengusir jerawat, diantaranya adalah :

1. Vitamin A
Vitamin A merupakan antioksidan yang sangat penting dalam menjaga dan memperbaiki selaput lendir. selain itu, vitamin A juga dapat membantu mengeluarkan racun. Vitamin A berperan melawan jerawat dengan menurunkan produksi minyak dan mengencangkan jaringan pelindung. Vitamin ini dapat ditemukan di buah-buahan, sayur-sayuran, margarin, susu, mentega, ikan laut, dan telur.

2. Vitamin B2
Vitamin B2 atau Riboflavin adalah salah satu vitamin yang juga berperan dalam melawan jerawat serta membantu meningkatkan kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Dosis aman asupan vitamin B2 setiap harinya adalah 150 hingga 200 mg. Selain suplemen, anda bisa mendapatkan vitamin ini pada kacang-kacangan, kacang kedelai, susu, bayam, dan jamur.

3. Vitamin B6
Piridoksin atau vitamin B6 merupakan vitamin yang bagus untuk mengatasi jerawat. Asupan vitamin B6 sebanyak 1,7 hingga 1,9 mg setiap hari dianggap sudah cukup untuk mencegah jerawat. Vitamin B6 bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa membantu mencegah infeksi dan melawan bakteri kulit. Selain suplemen, anda bisa mendapatkan vitamin B6 pada bawang putih, rempah-rempah, gandum, dan beras.

4. Vitamin C
Vitamin C bermanfaat dalam mencegah infeksi, meningkatkan imunitas, memperbaiki pertumbuhan jaringan, mencegah kerusakan sel, dan mencegah lemak. Tak heran jika vitamin C dapat membantu memerangi jerawat. Sebagai antioksidan, vitamin C memiliki peran dalam memproduksi kolagen dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Vitamin C sangat mudah didapat, mulai dari suplemen hingga makanan-makanan sehat seperti jeruk, tomat, kangkung, brokoli, lemon, paprika, dan lain sebagainya.

5. Vitamin E
Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin ini juga memiliki sifat anti-penuaan dan membantu regenerasi kulit dari dalam. Vitamin E membantu kulit jadi tampak lebih cerah, bersih, dan awet muda. Mengonsumsi vitamin E dengan dosis yang tepat juga membantu mencegah jerawat. Selain suplemen, vitamin E bisa diperoleh dari kacang hijau, biji bunga matahari, dan zaitun.

Itulah beberapa vitamin yang dapat membantu mencegah dan mengusir jerawat. Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter tentang batas aman asupan harian vitamin-vitamin tersebut agar mendapatkan hasil yang baik dan terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Artikel Kesehatan | via Liputan 6 | image : vitaminreviewsite.com

Tanggal Publikasi October 11, 2013
Label