Artikel Kesehatan

5 Pemicu Serangan Jantung Yang Mungkin Tidak Anda Duga

Pemicu serangan jantung

Banyak faktor penyebab penyakit jantung mulai dari faktor genetik, merokok hingga masalah obesitas.

Namun mungkin ada beberapa faktor lain yang mungkin anda sering temui namun tidak anda sadari bahwa hal-hal yang ada di sekitar kita, yang kita anggap biasa-biasa saja, ternyata dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan jantung. Apa saja itu?

Beberapa Pemicu Serangan Jantung

Berikut 5 Pemicu Serangan Jantung yang mungkin tidak anda duga, seperti yang dikutip dari rodale.com :

Bahan kimia anti-lengket

Bahan kimia anti-lengket dan anti-noda memang diperlukan untuk bidang industri dan rumah tangga, namun dalam hal kesehatan, bahan kimia tersebut perlu diwaspadai.

Sebelumnya, bahan kimia ini diketahui berhubungan dengan masalah kesuburuan, kolesterol tinggi, kali ini sebuah studi pada September 2012 yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine juga menunjukkan sebuah korelasi antara Bahan kimia perfluorooctanoic acid (PFOA) (Bahan yang digunakan untuk membuat teflon, alat masak,elektronik) dengan penyakit jantung.

Tanpa memandang usia, berat badan, ataupun adanya penyakit diabetes dan penyakit lainnya, para peneliti menemukan bahwa orang dengan kadar PFOA tinggi dalam darah mereka, berpeluang dua kali lipat untuk memiliki penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang mempunyai kadar rendah.

Sabun Anti-bakteri

Triclosan, sabun anti-bakteri dan bahan kimia pasta gigi juga berdampak pada kesehatan. Sabun anti-bakteri bisa menjadi daftar baru sebagai pemicu peningkatan resiko penyakit jantung, berkat penelitian baru yang menunjukkan bahwa zat-zat kimia tersebut dapat merusak jaringan otot dan berdampak pada kesehatan jantung.

Makanan Kaleng

Makanan kaleng banyak ditemukan senyawa kimia BPA (Bisphenol-A) yang dianggap mengganggu hormon-hormon yang terkait dengan kanker payudara, masalah emosi pada anak-anak perempuan, obesitas, dan infertelitas. Dan sekarang, senyawa kimia tersebut terlibat sebagai salah satu pemicu serangan jantung.

Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam Jurnal PLoS ONe menemukan bahwa dosis kecil BPA dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.

Kemacetan Lalu Lintas

Kemacetan Lalu lintas dapat berdampak pada kesehatan jantung anda. Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara polusi udara, kemacetan lalu lintas, dan resiko serangan jantung. Peneliti Jerman mewawancarai korban serangan jantung untuk mencoba dan menentukan pemicu serangan jantung tertentu.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang terjebak dalam lalu lintas, apakah sebagai sopir, penumpang, pengendara sepeda, atau penumpang pada transportasi umum, mengalami risiko 3,2 kali lebih tinggi terkena serangan jantung dibandingkan dengan orang yang tidak terjebak dalam kemacetan lalu lintas.

Beberapa Jenis Makanan Laut / Seafood

Beberapa jenis ikan laut dikhawatirkan tercemar oleh limbah industri berupa Merkuri. Para peneliti di Universitas Syracuse menemukan bukti yang menunjukkan bahwa anda harus pilih-pilih jenis makanan laut yang anda makan.

Mereka menemukan ikan yang terkontaminasi merkuri dengan kadar tinggi, yang dapat mengganggu respon tubuh terhadap gangguan stres. Namun apakah merkuri yang terdapat di ikan laut tersebut dapat mengganggu kesehatan jantung atau tidak, masih terdapat perbedaan di antara para peneliti di dunia.

Artikel Kesehatan

Tanggal Publikasi September 6, 2012
Label