Artikel Kesehatan

5 Makanan Yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga

Hindari makanan ini sebelum berolahragaJika anda berolahraga dengan keadaan perut kosong, tubuh tidak akan memiliki energi yang cukup untuk mendukung hal tersebut. Makan terlalu banyak atau memilih makanan yang tidak tepat sebelum olahraga juga merupakan hal yang sebaiknya tidak anda lakukan.

Ini dikarenakan semua energi anda akan dialihkan untuk mencerna makanan. Oleh sebab itu, para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi makanan sewajarnya sebelum berolahraga. Selain itu ada beberapa makanan yang harus anda hindari sebelum berolahraga. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

5 Makanan Yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga

1. Makanan yang dapat membuat perut kembung
Makanan seperti kacang-kacangan, brokoli, buah-buahan, dan susu cenderung memberikan efek gas yang pada akhirnya akan membuat kondisi perut anda tidak nyaman ketika sedang berolahraga.

2. Makanan yang kaya akan gula
Mungkin ide yang bagus untuk makan sepotong kue atau cupcake sebelum olahraga. Memang makanan yang mengandung tinggi gula dapat memberikan sumber energi yang cepat bagi tubuh anda. Namun demikian, kalori ‘manis’ tersebut akan terbakar lebih cepat, menyebabkan anda merasa letih lebih cepat pula.

Apabila anda membutuhkan sumber energi yang instan sebelum berolahraga, pilihlah makanan yang sehat seperti pisang, di mana buah ini juga menawarkan segudang nutrisi penting bagi tubuh.

3. Makanan pedas
Makanan yang sedikit menantang seperti makanan pedas memang dapat memuaskan hasrat anda. Akan tetapi makan makanan pedas sebelum berolahraga dapat membuat perut anda tidak nyaman, seperti gangguan pencernaan atau mulas, dan pada akhirnya akan merusak program latihan fisik anda di tengah jalan.

4. Makanan yang kaya akan garam
Hindari makanan yang terlalu asin atau tinggi garam sebelum berolahraga. Makanan asin cenderung membuat dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan kram sehingga akan mempengaruhi aktivitas anda ketika berolahraga.

5. Makanan berat
Jika anda berencana untuk berolahraga, hindari makan makanan yang berat seperti makanan yang anda santap tiap hari sebelum beraktivitas. Makanan berat membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Makan makanan berat sebelum berolahraga memungkinkan anda untuk mengalami masalah pencernaan ketika berolahraga.

Apabila anda sudah terlanjur makan sepiring nasi dengan beragam lauk pauknya, tunggulah selama 2 jam sebelum anda memutuskan untuk berolahraga.

Artikel Kesehatan | health.com | Photo : care2.com

Tanggal Publikasi March 1, 2013
Label