Artikel Kesehatan

5 Hal Yang Sebaiknya Dihindari Jika Ingin Tidur Nyenyak

Agar Tidur nyenyakTidur nyenyak merupakan keinginan semua orang. Namun sebagian dari kita mungkin tidak merasakan hal tersebut karena sesuatu hal tertentu.

Hindari Hal Ini Jika Ingin Tidur Nyenyak

Banyak faktor yang membuat tidur kita tidak nyenyak. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak anda lakukan jika ingin tidur nyenyak :

1. Makan larut malam

‘Makan berat’ terlalu malam tepat sebelum tidur menyebabkan anda untuk sulit tidur. Menurut Dr. Gerard Lombardo, seorang spesialis bersertifikat untuk masalah tidur, makan larut malam dapat memicu GERD (Gastro Esophageal Reflux Disorder), dimana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan refluks asam dan mulas. Ini akan membuat tidur anda tidak nyaman.

Jika anda ingin makan, pilihlah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks seperti sereal, roti gandum dengan selai kacang, keju, dan lain sebagainya. Menurut Dr Lombardo, protein berkontribusi meningkatkan triptofan, sedangkan karbohidrat kompleks membantu membuat triptofan tetap tersedia untuk membuat orang cepat  tidur.

2. Menonton Televisi

Banyak dari kita yang menonton televisi sebelum tidur. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut bisa mengganggu tidur anda. Acara-acara yang tidak mendidik, berita-berita negatif seperti kejahatan, ataupun film-film horor yang menegangkan dapat mengacaukan pikiran anda, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan tidur anda. Daripada menonton televisi sebelum tidur, lebih baik anda membaca buku yang bermanfaat.

3. Membawa Pekerjaan Kantor Ke Kamar Tidur

Membawa pekerjaan kantor anda ke rumah mungkin sesuatu yang wajar. Namun jika membawanya ke tempat tidur, maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan tidur yang nyenyak. Selain itu, pekerjaan anda pun belum tentu selesai akibat kondisi anda yang lelah sehabis pulang kantor dan pikiran yang tidak dalam kondisi segar tentunya.

Jika anda memang dikejar ‘deadline’ pekerjaan, selesaikanlah pekerjaan tersebut di ruangan lain. Jika anda sudah merasakan lelah dan mengantuk, segeralah tidur dan lanjutkan pekerjaan tersebut keesokan harinya beberapa jam sebelum anda berangkat kerja.

4. Membicarakan Hal-Hal yang Argumentatif

Saat hendak tidur, hindari perbincangan yang berat, yang sifatnya argumentatif dengan suami/istri anda. Perbincangan seperti ini akan menguras energi dan memicu ketegangan. Dr Lambardo mengatakan bahwa sebuah argumen dapat menyebabkan ketegangan, emosi, ketakutan, ataupun kejutan yang membuat energi terkuras. Hal ini tentunya membuat tidur anda tidak nyenyak, bahkan mungkin membuat anda tidak bisa tidur semalaman.

5. Tidur Bersama Bayi Anda

Anda mungkin bahagia bisa tidur bersama dengan bayi anda dalam satu ranjang. Namun hal ini bisa membuat perasaan anda tidak tenang dan tidur tidak nyenyak. “kebanyakan dokter anak menyarankan agar tidak tidur di satu ranjang bersama bayi”, kata Dr Lambardo.

Dia mengatakan, hal tersebut tidak hanya dapat mengganggu tidur anda, namun pada kasus-kasus yang jarang terjadi hal tersebut dapat menyebabkan bayi sesak napas. Risiko lainnya adalah bayi jatuh ke lantai.

Sebagai solusi alternatif, tempatkanlah bayi anda di tempat tidur khusus bayi yang terdapat pengamannya. Dengan begitu bayi akan aman dan anda pun merasa tenang.

Artikel Kesehatan | iVillage | image : tipskesehatan.eksdi.com

Tanggal Publikasi November 28, 2012
Label