Artikel Kesehatan

5 Gerakan Sederhana Pereda Nyeri Leher

meredakan nyeri leherTidak sedikit orang yang mengalami stres baik secara fisik ataupun emosional setelah menjalani rutinitas yang melelahkan sepanjang hari.

Hal ini kadang-kadang memicu rasa nyeri atau pegal-pegal di beberapa bagian tubuh misalnya leher. Ya, nyeri di leher banyak dialami orang terutama yang pekerjaanya mengharuskan ia duduk berlama-lama di kursi untuk menyelasaikan tugasnya.

Gerakan-gerakan pereda nyeri leher

Jika anda termasuk orang yang sering mengalami nyeri leher, ada beberapa tips sederhana untuk mengatasinya, tanpa membutuhkan peralatan khusus. Tips-tips ini berupa gerakan-gerakan sederhana yang dinilai cukup efektif dalam meredakan pegal-pegal di sekitar leher, bahkan juga bermanfaat untuk menjaga konsentrasi.

1. Angkat bahu
Gerakan pertama yang harus anda lakukan adalah mengangkat kedua bahu. Sambil menarik napas, angkatlah bahu sampai mendekati telinga selama kurang lebih 3 detik. Setelah itu buanglah napa sambil menjatuhkan bahu. Ulangi hal ini sebanyak 5 kali.

2. Miringkan kepala
Secara perlahan, miringkan kepala ke arah kanan. Jatuhkan telinga kanan ke arah bahu kanan. Apabila sudah mencapai titik maksimal, lakukan gerakan yang sama di sisi berikutnya (kiri). Ulangi gerakan ini masing-masing 5 kali, namun tidak perlu lama-lama.

3. Regangkan dada
Letakkan tangan di pinggang, kemudian ambil napas dalam-dalam. Keluarkan napas secara perlahan, tundukkan kepala sampai dagu menyentuh di dada atas. Pada saat yang bersamaan, katupkan tulang belikat (bagian belakang) sehingga dada menjadi tertarik dan meregang.

4. Mengangguk
Tundukkan dagu ke dada secara perlahan selama kurang lebih 3 detik. Pastikan hanya leher yang bergerak, jangan libatkan punggung bagian atas. Setelah itu tegakkan lagi kepala, kemudian dongakkan sampai otot-otot di area kerongkongan tertari. Lakukan hal ini hingga 5 kali, namun tidak perlu lama-lama.

5. Pijat sendiri
Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah memijat sendiri bahu anda. Letakkan tangan kiri di bahu kanan, kemudian miringkan kepala anda ke kiri. Pijat bahu secara ringan di titik-titik yang terasa pegal, lakukan secara perlahan. Jika sudah nyaman, ulangi gerakan ini pada sisi yang lain.

via detikhealth | image : lwcmanhattan.com 

Tanggal Publikasi March 26, 2013
Label