Artikel Kesehatan

5 Cara Sederhana Mempercepat Metabolisme Tubuh

mempercepat metabolisme tubuhTidak semua orang memiliki metabolisme yang baik. Sebagian orang ada yang metabolismenya lambat, dan hal ini bisa juga disebabkan karena faktor genetik. Namun demikian bukan berarti masalah tersebut tidak bisa diatasi.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa tubuh sebenarnya bisa ‘dikelabui’ untuk membakar kalori dengan lebih efisien, khususnya ketika anda berolahraga.

Proses metabolisme adalah hal yang penting bagi tubuh. Pada saat metabolisme, beberapa zat dipecah sehingga menghasilkan energi bagi proses vital. Sementara zat lain yang dibutuhkan untuk hidup akan disintesis. Proses kimia ini dinilai penting untuk menghasilkan energi dan zat yang dibutuhkan untuk mempertahankan hidup.

Cara Sederhana Mempercepat Metabolisme Tubuh

Ada beberapa cara sederhana untuk mempercepat metabolisme tubuh di pagi hari, diantaranya adalah :

Berolahraga
Berolahraga akan mempercepat metabolisme serta membakar kalori lebih banyak. Aktivitas ini adalah pilihan hidup sehat sepanjang hari. Ketika tidak beraktivitas, tubuh cenderung menginginkan makanan-makanan manis yang tinggi kalori.

Makan Apel
Sebuah apel tiap pagi juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini karena apel kaya akan pektin yang dapat mendorong proses metabolisme. Makan buah apel sebaiknya juga dilakukan sebelum berolahraga agar tubuh mendapatkan energi dan mencegah rasa lapar.

Minum air putih
Minum dua gelas air di pagi hari sebelum beraktivitas sangat baik untuk membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan metabolisme tubuh. Terapkan hal ini setiap harinya dan jadikan bagian dari gaya hidup sehat sehari-hari agar metabolisme tubuh anda menjadi lebih baik.

Minum jus sayuran
Jus dinilai sangat membantu meningkatkan metabolisme tubuh Beberapa sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian tertentu, yang kemudian dicampur dengan air kelapa, dapat menjadi sebuah minuman jus yang menyegarkan. Jus sayuran dapat membantu melengkapi nutrisi tubuh, menjadi sumber energi, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Regangkan otot-otot
Saat sampai di kantor atau tempat kerja, regangkan otot-otot anda dan tariklah napas dalam-dalam. Hanya dengan meregangkan lengan di atas kepala, sedikit memutar lengan, dan menarik napas dalam-dalam dapat melepaskan ketegangan serta membakar sejumlah kalori. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi metabolisme tubuh anda.

via Tempo | image : uweightloss.com

Tanggal Publikasi June 24, 2014
Label