Artikel Kesehatan

5 Camilan Sehat Penambah Energi

camilan sehat kacang almondCamilan Sehat – Apabila anda termasuk orang yang suka ngemil, maka anda dituntut untuk lebih bijak dalam memilih camilan yang akan anda makan, karena hal itu akan berpengaruh pada kondisi tubuh anda.

Beberapa makanan ringan ada yang bisa meningkatkan energi tubuh anda dan ada pula yang sebaliknya, yakni bisa membuat tubuh terasa lemas dan lesu.

Kunci utamanya adalah anda harus mengetahui ragam makanan yang bisa anda jadikan camilan sehat dikala anda sedang suntuk atau membutuhkan energi. Apa saja makanan-makanan tersebut?

Beberapa camilan sehat untuk menambah energi

Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa dijadikan camilan sehat ketika rasa lapar datang dan saat energi tubuh anda sedang menurun.


1. Kacang Almond

Almond terdiri dari nutrisi-nutrisi penting yang dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh diantaranya adalah vitamin B2 (riboflavin), fosfor, magnesium, triptofan, tembaga, vitamin E, dan mangan. Magnesium sering disebut sebagai mineral yang ajaib berkat kemampuan multifungsinya.

Selain menjadi bagian penting terhadap lebih dari 300 proses biologis, magnesium juga dapat membantu memproduksi energi, mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, melemaskan otot-otot, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan suasana hati.

Protein dan serat dalam almond dapat menstabilkan gula darah dan memperlambat proses pencernaan, di mana dapat membantu mengatur energi sehingga tubuh anda akan memiliki cadangan energi untuk waktu yang lama. Lemak sehat yang ditemukan dalam almond juga diketahui dapat mengekang nafsu makan dan mencegah makan berlebihan yang dapat mengakibatkan penambahan berat badan serta perasaan lelah pada tubuh.

Lemak dan serat yang terdapat pada almond juga berkontribusi dalam memberikan ‘efek kenyang’ dan mencegah anda dari ngemil secara berlebihan. Berdasarkan alasan inilah, almond dan kacang-kacangan lainnya sering direkomendasikan sebagai bagian dari program diet yang sehat untuk menurunkan berat badan.


2. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, fosfor, protein, triptofan, molibdenum, dan seng. Yogurt juga merupakan sumber vitamin B2 (riboflavin), B5 (asam pantotenat), dan B12 (cobalamin). Berkat zat-zat tersebut, nutrisi dalam yogurt dapat berasimilasi dengan cepat dan mudah selama proses pencernaan, yang berarti anda akan mendapatkan tambahan energi secara cepat pula. Yogurt mengandung protein yang dapat memberikan energi pada tubuh.

Makanan ringan yang tinggi protein seperti yogurt dapat mencegah kenaikan berat badan. Karena protein butuh waktu untuk dicerna, perut anda akan terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah anda ngemil terlalu banyak. Yogurt juga bermanfaat untuk otak berkat adanya tirosin, asam amino yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental. Dalam sejumlah penelitian, tirosin diketahui dapat melawan kelelahan secara efektif.


3. Nanas

Nanas merupakan buah yang lezat dan mudah didapat. Nanas kaya akan vitamin C, vitamin B1, mangan, tembaga, serat, dan vitamin B6. Buah ini cocok dijadikan camilan penambah energi. Berkat kandungan gula alami-nya (fruktosa), nanas dapat meningkatkan energi tubuh dengan cepat. Mangan dan thiamin pada nanas dapat membantu memproduksi energi dan memetabolisme karbohidrat.

Sedangkan vitamin B6 dalam nanas berperan dalam mengubah triptofan menjadi serotonin di otak untuk meningkatkan suasana hati. Nanas juga kaya akan serat, air, bromelain, dan sejumlah enzim yang bermanfaat bagi pencernaan. Makan makanan berair seperti nanas dapat membantu mencegah dehidrasi, salah satu penyebab paling umum dari menurunnya energi tubuh dan kelelahan fisik maupun mental.


4. Gandum

Makanan-makanan ringan yang terbuat dari gandum mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan energi bagi tubuh dan otak, beberapa diantaranya adalah magnesium, serat, mangan, zat besi, protein, karbohidrat, dan vitamin B1, B2, dan B3. Gandum sarat dengan vitamin B yang dapat melawan rasa lelah, meningkatkan energi, menstabilkan gula darah, memperbaiki kualitas tidur, mengkoordinasikan aktivitas otot dan saraf, dan meningkatkan mood.

Karbohidrat sederhana seperti roti tawar dan makanan manis memang memberikan energi bagi tubuh, namun sifatnya hanya sementara dan cepat habis sehingga anda juga akan merasa cepat lelah. Sedangkan karbohidrat kompleks dalam gandum diserap lebih lambat sehingga kadar gula darah dan energi akan tetap stabil dalam waktu yang lama.

Karbohidrat kompleks yang bisa ditemui pada roti gandum dan makanan gandum lainnya mengandung serat yang tinggi, baik untuk pencernaan dan memberikan perasaan kenyang yang lebih lama. Makanan yang terbuat dari gandum dapat mencegah anda dari rasa kantuk dan lelah, serta membuat tubuh anda lebih berenergi.


5. Kedelai

Kacang kedelai atau edamame adalah salah satu pilihan camilan sehat terbaik bagi anda. Kacang kedelai rebus dapat berkontribusi dalam meningkatkan energi dan suasana hati. Secangkir kacang kedelai menyediakan 116 persen tryptophan dari jumlah harian yang disarankan, di mana dapat membantu mengatur nafsu makan, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu meningkatkan energi.

Masih dalam porsi yang sama, kacang kedelai menyediakan 57 persen protein dari jumlah yang disarankan, 43 persen asam lemak omega-3 dari jumlah konsumsi harian, 41 persen serat, dan 49 persen zat besi dari jumlah harian yang disarankan. Semua nutrisi tersebut memiliki peranan penting dalam meningkatkan energi.

Kedelai juga kaya akan molibdenum, mineral penting yang membantu sel-sel tubuh berfungsi dengan baik, memfasilitasi penggunaan cadangan zat besi, membantu memetabolisme lemak dan karbohidrat, meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, dan membantu keseimbangan kadar gula darah.

Molibdenum juga membantu mencegah anemia, penyebab umum kelelahan akibat kekurangan zat besi. Selain itu, kedelai yang dikemas dengan folat (vitamin B9) telah terbukti dapat meningkatkan kadar serotonin dan meningkatkan gejala depresi.

Itulah beberapa makanan yang bisa dijadikan camilan sehat untuk menambah energi tubuh anda, semoga bermanfaat.


Artikel Kesehatan | via MSN | image : sparkpeople.com

Tanggal Publikasi August 13, 2013
Label