Artikel Kesehatan

4 Alasan Salad Dinilai Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan

manfaat saladSalad sering dimanfaatkan banyak orang untuk mensukseskan program dietnya. Hal ini cukup beralasan karena salad dinilai sebagai salah satu makanan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Banyak jenis salad yang ada di dunia dan mungkin dengan resep yang berbeda, contohnya adalah salad sayuran atau salad buah. Salad hanya mengandung sedikit lemak dan menawarkan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, membuatnya berbeda dengan makanan lainnya. Ada beberapa alasan mengapa salad dapat membantu menurunkan berat badan.

Alasan mengapa salad dapat membantu menurunkan berat badan

Rendah kalori
Salad biasanya terdiri dari buah-buahan dan sayuran mentah. Makanan mentah cenderung membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna. Hal ini akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama. Terlebih lagi, salad tidak menggunakan minyak apapun karena memang tidak perlu dimasak sehingga kalori yang ditawarkan tubuh tidaklah banyak.

Kaya akan serat
Salad kaya akan serat makanan yang berasal dari buah dan sayuran. Makanan berserat juga memberikan efek mengenyangkan lebih lama namun dengan kalori yang sangat sedikit. Makanan berserat sangat baik untuk kesehatan pencernaan, melancarkan buang air besar dan efektif menurunkan berat badan.

Kaya akan air
Buah-buahan dan sayuran dalam keadaan mentah mempunyai kandungan air yang sangat tinggi. Air adalah teman yang baik terutama bagi mereka yang sedang diet. Selain dapat mengenyangkan perut anda, air dapat mempercepat proses metabolisme.

Kaya nutrisi penting
Buah-buahan dan sayuran yang terdapat pada salad memberikan banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral. Nutrisi-nutrisi penting ini sangat diperlukan untuk menjaga tubuh agar selalu fit saat anda sedang diet. Mengkonsumsi salad akan memastikan bahwa anda tidak kekurangan gizi ketika sedang diet.

Itulah beberapa alasan mengapa salad dapat menjadi teman anda dikala sedang melaksanakan program penurunan berat badan. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun sebagai saus salad. Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan tambahan sedikit kalori dan lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Bagaimana dengan anda? Tertarik melibatkan salad dalam program diet anda? Selamat mencoba..

Artikel Kesehatan | via Blodsky | image : wisefitnesstips.com 

Tanggal Publikasi May 1, 2013
Label