Artikel Kesehatan

3 Suplemen Penting Yang Meningkatkan Fungsi Otak

Suplemen untuk otakBertambahnya umur seseorang biasanya akan mempengaruhi kesehatan mental. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai sebuah ancaman.

Dengan mengonsumsi suplemen nutrisi tertentu, maka hal tersebut bisa diminimalkan risikonya bahkan bisa menjaga memori anda tetap kuat dan membuat otak tetap tajam sekalipun bagi orang di atas umur 60 tahun.

Suplemen Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

“Pikirkan otak anda seperti mobil. Anda perlu memiliki mesin yang baik dan Anda membutuhkan minyak untuk tetap dilumasi. Ada suplemen tertentu yang seperti minyak di dalam mobil. Suplemen tersebut menjaga otak anda tetap berfungsi dengan baik, “kata Dr Teitelbaum, seorang dokter dan penulis buku terlaris. Ada 3 suplemen terbaik yang dapat menjaga otak anda tetap tajam, diantaranya adalah :

1. Vitamin B Complex
Konsumsi 50 mg vitamin B-kompleks setiap hari. Hal ini penting bagi pusat energi otak, memberikan bahan bakar untuk bekerja dan meningkatkan fungsi mental. Vitamin B-kompleks terdiri dari semua vitamin B yang penting, termasuk B1, B2, niasin (B3), B6, biotin, asam folat, dan vitamin B12.

2. Minyak Ikan Omega-3
Minyak ikan Omega-3 terdiri dari dua asam lemak esensial : DHA dan EPA. EPA mengurangi peradangan dan membantu perbaikan suasana hati, dan DHA adalah minyak kunci yang merupakan komponen dalam struktur otak anda, karena itulah mengapa ikan disebut “makanan untuk otak”.

Cara terbaik untuk meningkatkan asupan asam lemak penting adalah dengan makan ikan seperti salmon dan tuna sebanyak 3-4 porsi seminggu. Cara lain adalah dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan, namun anda harus waspada, sebab suplemen minyak ikan kebanyakan diberi label “Omega-3,” tetapi hanya sebagian kecil yang mengandung DHA dan EPA. Pastikan suplemen Anda mengandung DHA dan EPA.

3. Kurkumin
Kurkumin adalah zat utama dalam kunyit, salah satu rempah-rempah yang memberikan warna dan rasa pada makanan. Digunakan dalam berbagai pengobatan, kurkumin telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk berpotensi menangkal penyakit Alzheimer.

“Di daerah-daerah India, di mana masyarakatnya menggunakan banyak kunyit sebagai penambah rasa pada masakan, terdapat temuan bahwa penyakit Alzheimer mengalami penurunan sebesar dua pertiga dibandingkan dengan Amerika Serikat” kata Dr Teitelbaum. Dia merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen harian kurkumin (BCM-95), karena lebih mudah diserap.

Selain ketiga suplemen yang dapat meningkatkan fungsi otak ini, Dr Teitelbaum mengatakan banyak orang yang juga terbantu dengan mengonsumsi 200 mg magnesium dan 200 mikrogram yodium setiap hari.

Artikel Kesehatan | NewsMaxHealth.com | image : sideeffectsinfo.net

Tanggal Publikasi December 12, 2012
Label