Artikel Kesehatan

3 Sayuran Penurun Hipertensi

sayuran penurun hipertensiSayuran merupakan makanan bergizi yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi sayuran juga dianggap salah satu cara terbaik untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

Ada beberapa macam sayuran tertentu yang dinilai efektif untuk menurunkan atau mengontrol hipertensi, sehingga tidak ada salahnya bagi anda yang mempunyai darah tinggi untuk terus mengonsumsinya setiap hari. Sayuran-sayunran ini mudah dijumpai dan harganya pun sangat terjangkau, apa saja itu? Berikut ulasannya..

Sayuran-sayuran penurun hipertensi

1. Wortel
Apabila tekanan darah anda sudah mengakibatkan permasalahan pada jantung, maka perbanyaklah mengonsumsi wortel. Ini dikarenakan wortel banyak mengandung beta-karoten serta kalium yang dapat memberikan manfaat terhadap fungsi ginjal dan membantu mengendalikan denyut jantung. Mengonsumsi sayuran berwarna oranye ini secara rutin diyakini dapat mengontrol tekanan darah anda.

2. Seledri
Selain mengandung kalium, seledri juga mengandung phthalide, yakni suatu senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan dinding arteri. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi hormon stres yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri juga bisa membantu mengelola tekanan darah saat sedang tinggi.

3. Bayam
Bayam adalah salah satu sayuran yang sering kita jumpai. Kandungan gizi dan nutrisinya memberikan manfaat bagi kesehatan. Magnesium yang terkandung di dalamnya dinilai dapat mengontrol dan bahkan menurunkan tekanan darah saat sedang tinggi. Apabila dikonsumsi secara rutin, bayam dapat membantu menjaga pembuluh arteri dan meningkatkan aliran darah. Pada akhirnya, bayam diyakini dapat membantu mengatur dan mengelola hipertensi seseorang.

Ketiga sayuran tersebut bisa dilibatkan ke dalam suatu masakan atau dibuat menjadi jus sayuran. Sayuran yang dapat membantu mengontrol hipertensi tidak hanya terbatas pada tiga sayuran tersebut. Ada beberapa jenis sayuran lainnya yang bisa mengontrol tekanan darah seseorang, dan anda bisa mencampur sayuran-sayuran tersebut dengan ketiga sayuran di atas untuk dijadikan segelas jus yang menyehatkan.

Untuk mengetahui sayuran lainnya yang dapat mengontrol hipertensi, anda bisa tanyakan hal tersebut pada ahli gizi atau dokter. Mengonsumsi jus sayuran dua kali sehari dipercaya dapat mengontrol dan bahkan menurunkan hipertensi seseorang.

via Okezone | image : good-wallpapers.com

Tanggal Publikasi February 7, 2014
Label