Artikel Kesehatan

10 Makanan Super Untuk Bayi atau Balita

makanan super untuk bayiBayi dan balita tidak makan banyak makanan karena memang perut mereka cenderung kecil. Itulah mengapa sangat penting untuk memberikan mereka makan makanan yang sehat dan penuh nutrisi.

Makanan super dalam hal ini adalah makanan alami yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Makanan-makanan ini mudah dicerna bayi maupun balita dan dapat membantu menjaga tubuh dan otak mereka tetap sehat.

Makanan Super Untuk Bayi atau Balita

1. Alpukat
Alpukat adalah salah satu makanan terbaik untuk bayi. Buah ini mengandung nutrisi yang melimpak termasuk diantaranya adalah asam lemak omega-3 yang tinggi. Anda bisa mengirisnya kecil-kecil dan langsung memberikannya ke mulut buah hati anda. Jika menginginkan tekstur yang lebih halus, tambahkan sedikit atau campurkan dengan ASI.

2. Kacang-kacangan
Makanan super yang satu ini sangat kaya akan antioksidan, 10 kali dari jumlah antioksidan yang dikandung jeruk. Kacang tinggi akan serat, mencegah bayi anda dari sembelit. Makanan ini juga mengandung zat besi, protein, dan vitamin B yang tinggi. Kacang-kacangan harus direndam dulu semalaman sebelum disiapkan untuk mengurangi waktu masak.

3. Blueberry
Buah bergizi ini juga mengandung antioksidan yang tinggi jika dibandingkan dengan buah segar lainnya. Buah ini bermanfaat bagi otak bayi anda serta baik untuk urin, sistem saraf, jantung dan mata. Blueberry juga tinggi serat, vitamin A, dan vitamin C.

4. Kelapa
Kelapa mengandung asam lemak yang menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan dan mirip dengan yang ditemukan dalam ASI manusia. Kelapa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, dan menyeimbangkan kadar gula darah.

5. Biji Chia
Biji chia mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari blueberry dan memiliki lebih banyak kalsium daripada susu. Biji chia sangat tinggi akan omega-3, magnesium, serat, zat besi, kalium, dan protein.

6. Sayuran berdaun hijau gelap
Sayuran berdaun hijau gelap cenderung kaya akan antioksidan dan tinggi akan zat besi dan folat. Sayuran-sayuran tersebut dinilai sebagai makanan super karena mengandung banyak vitamin C, K, dan kalsium. Vitamin K dan kalsium merupakan faktor penting pembangun dan penguat tulang.

7. Telur (organik)
Telur kaya akan nutrisi berkualitas tinggi untuk bayi atau balita anda. Telur mengandung choline, vitamin B yang memainkan peran penting dalam pengembangan dan fungsi otak bayi. Telur penuh protein dan asam lemak omega-3 serta vitamin D, folat, antioksidan lutein dan beberapa mineral seperti seng, besi, dan selenium.

8. Oat
Oat merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik. Oat juga kaya akan fitokimia, vitamin E, seng, besi, magnesium, dan selenium. Oat merupakan sumber protein yang baik dan cara yang bagus untuk dikonsumsi pada waktu sarapan. Gunakan oat polos dan tambahkan topping seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah.

9. Kinoa
Kinoa merupakan makanan berprotein lengkap yang cocok untuk bayi atau balita anda. Kinoa tinggi akan lisin, asam amino penting yang bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Kinoa mengandung banyak serat dan tinggi nutrisi seperti mangan, magnesium, dan zat besi. Kinoa termasuk golongan biji-bijian bebas gluten dan merupakan alternatif untuk beras gandum yang umum dijumpai dalam banyak resep makanan bayi.

10. Ubi jalar
Ubi jalar adalah salah satu sayuran yang paling bergizi. Makanan ini kaya akan fitonutrien dan tinggi akan vitamin A dan C. Ubi jalar memiliki rasa manis alami dan tekstur yang lembut, membuat sayuran ini kemungkinan besar disukai oleh anak-anak anda.

* Untuk bayi, sebaiknya diberikan makanan padat pendamping ASI setelah usia 6 Bulan. Sebelum usia 6 bulan sebaiknya jangan diberikan makanan padat terlebih dahulu karena sistem pencernaan mereka belum sempurna, dan dikhawatirkan terjadi gangguan pencernaan seperti diare ataupun kembung.

Via NaturalNews | image : naturesupplies.co.uk

Tanggal Publikasi September 9, 2014
Label